Desain Galaxy Watch 5 Bocor, Bakal Kehilangan Satu Fitur Khas Seri Sebelumnya

Jakarta, Gizmologi – Memasuki pertengahan tahun 2022, Samsung tengah menyiapkan peluncuran “batch kedua” yang tahun lalu berlangsung di bulan Agustus. Selain smartphone layar lipat, juga bakal ditemani oleh serangkaian aksesori wearable terbaru. Bocoran desain Galaxy Watch 5 pun sudah mulai bermunculan.

Ya, sesuai dengan namanya, Samsung Galaxy Watch 5 bakal jadi penerus dari seri Watch 4 yang tahun lalu rilis bersamaan dengan Galaxy Z Flip 3 serta Z Fold 3. Smartwatch tersebut bisa dibilang spesial, karena pada akhirnya vendor asal Korea Selatan satu ini langsung menggandeng Google untuk kolaborasi yang sangat mendalam.

Baca juga: Bocoran Galaxy Z Flip 4 Terbaru Tampil Identik, Siap Rilis Awal Agustus

Keduanya bekerja sama untuk tingkatkan sistem operasi WearOS, sehingga Galaxy Watch 4 Series jadi smartwatch yang jalankan WatchOS 3 dan eksklusif selama beberapa bulan pertama. Lalu apa yang menarik dari bocoran desain Galaxy Watch 5 Series? Selain desain yang berbeda, juga terlihat ada fitur yang dihapuskan dari versi lebih mahal.

Galaxy Watch 5 Tampil Identik, Punya Dua Ukuran

desain Galaxy Watch 5

Bocoran terbaru desain Galaxy Watch 5 ini hadir langsung dari Evan Blass, pembocor informasi yang selalu akurat sejak era awal Nokia Lumia tahun 2012 lalu. Bekerja sama dengan 91mobiles, ia mengunggah foto yang sangat mendetail dari dua varian yang berbeda; Galaxy Watch 5 serta Galaxy Watch 5 Pro.

Yang pertama adalah desain Galaxy Watch 5 versi standar, hadir dalam tiga warna berbeda dan masing-masing terlihat seperti warna hitam, putih dan biru muda. Evan menambahkan, seri ini memiliki kodenama “Heart”, dan bakal jadi suksesor dari Galaxy Watch 4 Active—mengingat desainnya pun masih dibuat identik.

desain Galaxy Watch 5

Dari desain Galaxy Watch 5, terlihat ada dua tombol di sisi sebelah kanan bodinya, mikrofon di antara keduanya, serta permukaan kristal safir pada bodi belakang. Smartwatch terbaru Samsung satu ini bakal hadir dalam dua opsi ukuran; 40mm & 44mm, plus dua model berbeda yakni dengan LTE maupun hanya Bluetooth saja. Bakal menjalankan tampilan antarmuka One UI 4.5 berbasis WearOS 3.5.

Baca Juga :  Infinix Gaming Master 2022, Targetkan 2500 Peserta Berhadiah 115 Juta

Bagian strap-nya sendiri terlihat sama, alias masih menggunakan material karet. Sementara bezel layar smartwatch bakal tetap berwarna hitam, dengan bodi samping mengikuti warna strap.

Desain Galaxy Watch 5 Pro Sepenuhnya Baru

desain Galaxy Watch 5 Pro

Selain varian standar, juga ditampilkan desain Galaxy Watch 5 Pro yang digadang-gadang jadi opsi paling premium. Memiliki nama yang sedikit berbeda, desainnya pun tak lagi sama. Lebih mendekati versi standar, hanya saja bezel-nya dibuat sedikit lebih tebal. Tanpa adanya rotating bezel.

Di generasi sebelumnya, salah satu nilai jual dari Galaxy Watch 4 Classic adalah bezel yang bisa diputar secara fisik, memudahkan navigasi maupun membaca notifikasi tanpa harus menyentuh atau menutup layar dengan jari. Evan sendiri tak menyebutkan alasan dihilangkannya fitur tersebut.

Setidaknya, konsumen bakal bisa melakukan gestur serupa secara virtual, dengan menyentuh bagian bezel dan melakukan gerakan yang sama. Galaxy Watch 5 Pro bakal hadir dalam opsi titanium dengan dua warna yakni hitam dan abu-abu, dengan atau tanpa LTE.

Samsung dikabarkan bakal merilis Galaxy Watch 5 Series bersama earphone TWS Galaxy Buds Pro terbaru. Tentunya sekaligus generasi keempat dari lini smartphone layar lipatnya. Kita nantikan saja kehadiran resminya bulan Agustus mendatang ya!