Dell Pro Webcam, Aksesori Bersertifikat Teams & Zoom Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Gizmologi – Dengan semakin meningkatnya sistem kerja hybrid, masyarakat terutama pekerja kini lebih banyak membutuhkan kamera untuk perangkat PC alias webcam dengan kualitas yang jauh lebih mumpuni. Untuk itu, Dell Technologies hadirkan sejumlah aksesori pendukung, termasuk Dell Pro Webcam (WB5023) yang dibanderol Rp2 jutaan.

Dell sendiri sudah cukup banyak hadirkan perangkat khusus untuk mendukung kebutuhan kerja modern, mulai dari speakerphone sampai soundbar khusus conference call. Untuk webcam, yang satu ini juga bukanlah yang pertama—sebelumnya telah hadir varian Dell UltraSharp 4K dengan banderol harga lebih tinggi. Dan sesuai namanya, dapat merekam video sampai resolusi 4K.

Melalui Dell Pro Webcam, dihadirkan sebuah webcam profesional yang tetap berkualitas, namun dalam banderol harga lebih terjangkau. Secara teknologi, kedua produk webcam Dell tersebut masih kurang lebih sama. Bahkan pada Dell Pro Webcam, ada sebuah penyempurnaan yakni pada kualitas mikrofonnya.

Baca juga: Dell Latitude 9330, Laptop Bisnis Flagship dengan Fitur Khusus Rapat Virtual

Bisa Rekam Video 2K 30fps Maupun 1080p 60fps

Dell Pro Webcam

Secara desain, Dell Pro Webcam dirancang menyerupai tube kecil berukuran cukup kompak. Perangkat ini bisa secara mudah dipasangkan ke bagian atas monitor maupun laptop, memiliki kabel sepanjang 1,5 meter dengan ujung USB-A, berbeda dengan varian UltraSharp yang sudah USB-C. Dell menyebutkan, mounting terintegrasi pada perangkat ini juga membuatnya bisa dipasangkan ke sebuah tripod sekalipun.

Untuk kualitas gambar maupun video terbaik, Dell Pro Webcam gunakan sensor milik Sony STARVIS, dengan output maksimum QHD 1440p dalam 24/30fps. Juga tersedia opsi 1080p 24/30/60fps untuk pergerakan atau framerate lebih tinggi, maupun 720p 30fps. Sensornya sudah dilengkapi autofokus, gunakan diafragma f/2.0 serta mendukung pembesaran digital hingga empat kali.

Baca Juga :  LBH Jakarta Sebut Kerugian Masyarakat Akibat PSE Capai Rp1,5 M
Dell Pro Webcam

Ada dua sudut pandang yang bisa digunakan (65 & 78 derajat), dengan fitur AI Auto Framing untuk memastikan wajah pengguna tetap berada di bagian tengah frame. Fitur unggulan Dell Pro Webcam adalah efek Digital Overlap HDR serta Facial Detection Auto Exposure. Memastikan kualitas gambar terutama kecerahan wajah terbaik meski dalam kondisi backlight sekalipun.

Harga Dell Pro Webcam Cukup Bersaing

Dell Pro Webcam

Selain efek HDR otomatis, kamera Dell Pro Webcam juga didukung dengan ISP khusus dan teknologi noise reduction tiga dimensi, secara otomatis mencerahkan wajah dan menyamarkan noise saat sedang digunakan. Solusi yang ditawarkan oleh Dell juga tidak sebatas visual saja, namun juga termasuk dengan mikrofon bawaan.

Mikrofon pada Dell Pro Webcam didukung oleh teknologi noise reduction, sehingga bisa meredam suara keramaian di sekitar agar suara yang terdengar hanya dari pengguna saja. Pengguna bisa mengatur kualitas kamera melalui software Dell Peripheral Manager, tersedia baik untuk sistem operasi Windows maupun Mac.

Menjadi webcam profesional, Dell mengklaim bila kamera Dell Pro Webcam cocok untuk berbagai platform yang populer saat ini. Bahkan sudah mendapat sertifikasi dari Microsoft Teams dan Zoom, memastikan kalau performanya terjamin optimal di kedua platform tersebut. Tertarik? Harga Dell Pro Webcam dibanderol Rp2,2 jutaan. Bakal bersaing dengan Logitech Brio 4K yang juga dibanderol pada kisaran harga serupa.