Dear Gamers, Steam Proses Dota2 dan CS:GO ke PSE Kominfo

Jakarta, Gizmologi – Keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang memblokir akses platform game Steam, Origin, hingga Epic Games menuai kecaman dari para gamers. Meski begitu, Kominfo mengatakan sudah berkomunikasi Steam terkait pendaftaran game Dota dan CS:Go sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE) di Indonesia.

“Kami selalu membuka peluang bagi siapa pun yang ingin menjadi bagian dari ekosistem digital Indonesia, baik (platform) asing maupun dalam negeri,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam jumpa pers virtual, Minggu (31/7).

Steam sendiri diketahui telah diblokir Kominfo pada tanggal 30 Juni 2022 dini hari. Platform garapan Valve tersebut tidak sendirian, karena Epic Games dan Origin (milik Electronic Arts), juga tidak bisa diakses oleh gamer.

Hal ini buntut ketiganya, tidak melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat sampai waktu yang ditentukan. Kominfo sendiri bahkan telah mengirimkan surat teguran, kepada 100 PSE dengan trafik tertinggi di Indonesia.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini mereka bisa melengkapi dan masyarakat pengguna layanan ini bisa menggunakan kembali,” kata Semuel.

Baca Juga: Google Masih Bisa Diakses, Sudah Terdaftar di PSE Kominfo?

Steam Proses Daftar PSE

Steam Diblokir Kominfo
Steam Valve

Dua platform game online lainnya yang juga diblokir, Epic Games dan Origin, belum berkomunikasi dengan Kementerian Kominfo hingga hari ini. Platform Yahoo juga belum berkirim surat dengan Kominfo terkait pendaftaran sebagai PSE.

“Kami masih membuka peluang supaya mereka bisa menjadi bagian dari ekosistem digital kita,” kata Semuel.

Untuk PayPal, Kominfo untuk sementara membuka blokir meski pun mereka belum mendaftar setelah melihat kondisi di lapangan banyak masyarakat yang tidak bisa mencairkan dana dari platform tersebut. Pembukaan sementara ini berlangsung sampai 5 Agustus pukul 23.59, Kominfo meminta masyarakat menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk migrasi dana dari PayPal ke layanan keuangan lainnya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kamera HP Buram dan Berembun

Adapun data Kominfo per 31 Juli menunjukkan ada 9.039 platform atau layanan yang didaftarkan oleh 5.453 PSE (perusahaan). Pendaftaran PSE Lingkup Privat ini telah diamanatkan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News