Pengguna Chromebook Gak Bisa Lagi Pakai Aplikasi Zoom per Agustus 2022

Jakarta, Gizmologi – Dukungan aplikasi Zoom untuk ChromeOS akan segera dihentikan, pada Agustus 2022 mendatang. Itu artinya, pengguna laptop chromebook tidak akan bisa lagi meng-install atau menggunakan lagi layanan Zoom di perangkat mereka.

Adapun penyebab layanan Zoom untuk Chromebook dihapus dikarenakan aplikasi tersebut dibangun di atas teknologi lawas. Teknologi yang dimaksud lawas di sini yaitu aplikasi Chrome “tradisional” yang dinilai tidak begitu relevan untuk digunakan lagi saat ini.

“Aplikasi ini tidak akan lagi didukung secara resmi setelah Agustus 2022. Harap gunakan Zoom untuk Chrome PWA baru untuk bergabung ke rapat di ChromeOS,” demikian pemberitahuan tersebut pada aplikasi Zoom di Chromebook, sebagaimana dikutip dari 9to5Google, Senin (20/6/2022).

Aplikasi Zoom di Chromebook sendiri hanya menyediakan akses sederhana seperti rapat Zoom tanpa fungsi tambahan apapun. Hal ini pun sangat terbatas saat datang ke sebagian besar fitur dan belum mendapatkan pembaruan penting dalam beberapa waktu.

Baca Juga: Jadi yang Pertama, ASUS ROG Rilis 6 Laptop Gaming dengan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series

Zoom untuk Chromebook dan ChromeOS

Zoom di Chromebook
Credit: Charles Deluvio/Unsplash

Ditambah, Google juga sempat mengumumkan akan menghapus aplikasi berbasis Chrome lawas di semua platform pada Agustus 2020. Pada beberapa platform seperti Windows, Mac dan Linux bahkan dukungannya sudah berakhir pada Juni 2021.

Jadi masuk akal jika aplikasi Zoom ikut dihapus dari layanan Chromebook. Meski ditutup, Zoom menghadirkan solusi pengganti yaitu Zoom yang mendukung Progressive Web App (PWA) di Chromebook.

Artinya, pengguna laptop Chrombook yang ingin menggunakan layanan Zoom harus mengaksesnya melalui aplikasi web. Dukungan Chrome PWA sudah dimulai Zoom sejak tahun 2021, dengan serangkaian pembaruan fitur.

Menurut 9to5Google, Zoom untuk Chrome PWA merupakan aplikasi yang lebih lengkap dibanding aplikasi aslinya seperti di Windows atau macOS. Bahkan Zoom untuk Chrome PWA akan dilengkapi dengan antarmuka yang lebih mutakhir, termasuk background yang dapat dibuat blur.

Baca Juga :  Parsel hingga Air Fryer jadi Produk Paling Laris di Tokopedia