Begini Cara Transfer Riwayat Chat WhatsApp Android ke iOS

Jakarta, Gizmologi – Platform pesan instan WhatsApp, akhirnya menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer riwayat obrolan dari iOS ke Android. Begitu pun kemampuan sebaliknya membuat pengguna Android bisa pindahkan chat WhatsApp mereka ke iPhone.

Kehadiran fitur ini diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui unggahan di Facebooknya. Menurut Mark, fitur ini memang menjadi yang paling banyak diminta oleh pengguna.

“Kami menambahkan kemampuan beralih antar ponsel dengan aman dan mentransfer riwayat chat, foto, video, dan pesan suara antara Android dan iPhone sambil mempertahankan enkripsi end-to-end,” tulis Mark seperti dikutip dari unggahan di Facebook-nya.

Untuk sekarang, fitur ini baru tersedia untuk aplikasi WhatsApp versi beta. Namun tak menutup kemungkinan fitur ini akan digulirkan secara bertahap untuk seluruh pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

Fitur ini berfungsi untuk semua ponsel Android yang menjalankan Android 5.0 Lollipop kemudian dengan WhatsApp Android versi 2.22.7.74 atau lebih tinggi. Sementara iPhone disyaratkan minimal menjalankan iOS 15.5 atau lebih baru dengan WhatsApp iOS versi 2.22.10.70 atau lebih tinggi.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mentransfer informasi akun, foto profil, riwayat obrolan individu maupun grup, media, dan pengaturan. Namun, pengguna tidak dapat mentransfer riwayat panggilan atau nama tampilan, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Berikut Cara mentransfer riwayat chat WhatsApp dari Android ke perangkat iOS:

Transfer Riwayat Chat WhatsApp

  • Sebelum memindahkan data dari Android ke iPhone hanya bisa untuk iPhone baru atau yang sudah disetel ulang ke setelan pabrik (factory reset).
  • Untuk melakukan Factory reset di iPhone dengan membuka Settings > General > Transfer or Reset iPhone
  • Jangan lupa untuk menghubungkan ponsel Android dan iPhone ke daya listrik, mengingat proses transfer data akan memakan waktu cukup lama.
  • Hubungkan dua perangkat pada jaringan WiFi yang sama, sambungkan perangkat Android ke hotspot iPhone
  • Unduh aplikasi Move to iOS di HP Android, buka dan ikuti petunjuk di layar, di mana sebuah kode akan ditampilkan di iPhone.
  • Saat diminta, masukkan kode tersebut di smartphone Android kalian.
  • Pilih WhatsApp di layar Transfer Data dan ketuk start untuk memulai proses ekspor data
  • Tekan Next kembali ke aplikasi Move to iOS.
  • Tap Continue untuk mentransfer data dari smartphone Android ke iPhone dan tunggu aplikasi Move to iOS mengonfirmasi transfer selesai.
  • Buka WhatsApp dan masuk menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan di perangkat lama kamu.
  • Ketuk Mulai saat diminta, dan biarkan prosesnya selesai.
Baca Juga :  One UI 4.1.1 Berbasis Android 12L Hadir Untuk Galaxy Z Fold & Z Flip Lawas