7 Cara Optimalkan Kinerja Makin Ngebut!

Gaming adalah suatu kegiatan yang menyenangkan dan menghibur. Apalagi jika menggunakan PC gaming dengan sistem operasi Windows. Dengan layar komputer yang lebih besar, maka pengalaman gaming akan semakin terasa terutama game-game dengan kualitas grafis yang memukau. 

Untuk itu PC gaming yang dimiliki harus dibekali dengan segudang kemampuan yang handal agar pengalaman main game tidak mengalami kendala apapun. Agar mampu menjalankan berbagai game berat, tentu mengharuskan adanya spesifikasi PC gaming yang mumpuni.

Di sini kami akan memaparkan secara singkat dan ringkas 7 (tujuh) cara mengoptimalkan PC gaming untuk mendukung kegiatan bermain game sebagai berikut:

1. Bekali PC Gaming dengan Prosesor dan Kartu Grafis

Acer Nitro 5 Nvidia Geforce

Salah satu hal utama yang harus dimiliki untuk PC gaming adalah prosesor dan kartu grafis yang dapat diandalkan. Ini sangat vital sebab prosesor itu ibaratnya adalah otak untuk segala aktifitas suatu PC yang akan menentukan performa game yang sedang mainkan. Sementara kartu grafis adalah kartu tambahan yang berguna untuk memunculkan tampilan di layar PC. 

Kedua hardware yang mumpuni wajib dimiliki oleh para gamer. Untuk prosesor, kamu dapat menggunakan produk Intel atau AMD. Jika perlu, sebaiknya menggunakan prosesor Intel atau AMD keluaran terbaru karena diyaking performanya akan lebih baik dari generasi terdahulu. Mengenai kartu grafis, Anda dapat menggunakan GPU Nvidia yang berkapasitas minimal 8GB. 

2. Matikan Notifikasi

Masuknya sejumlah notifikasi entah itu pesan Whatsapp, E-mail, Skype akan cukup mengganggu fokus Anda dalam bermain. Tapi lebih utama lagi, notifikasi-notifikasi seperti ini ternyata bisa memperlambat kinerja PC. Pengalaman bermain game akan sedikit terganggu. Karena itu silahkan saja matikan notifikasi terlebih dahulu dan segera lanjut bermain game. 

Baca Juga :  Bstation "Selected Creators" Bantu kreator konten Promosikan Video Secara Gratis

3. Perkuat Jaringan Internet

resident evil 8 pc gaming

Saat bermain game online, tentunya memerlukan kecepatan internet yang mumpuni untuk mendukung kelancaran main game Anda. Oleh karena itu, jika mengandalkan koneksi Wifi di rumah, maka pastikan hanya satu perangkat PC Anda saja yang tersambung ke Wifi Anda. Ini dilakukan dengan tujuan untuk membatasi para pengguna yang terhubung Wifi dari pengaturan router di 192.168.1.1. Beberapa router seperti Indihome menggunakan alamat IP 192.168.100.1. Supaya dapat menikmati kecepatan internet  paling maksimal yang akan mendukung kelancaran bermain game online. 

4. Matikan terlebih dahulu kunci-kunci sticky

Biasanya akan menggunakan keyboard PC untuk menavigasi jalannya bermain game. Nah saat bermain game, Anda akan secara tidak sengaja memencet sejumlah tombol keyboard yang setidaknya dapat menghambat kinerja PC dan kelancaran bermain game Anda. Karena itu silahkan matikan terlebih dahulu kunci-kunci sticky di keyboard PC Anda pada bagian Setting (Pengaturan) Windows. 

5. Hidupkan Power Options

Masalah daya juga sangat vital untuk kelancaran bermain game Anda terutama saat Anda menggunakan perangkat laptop. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menghidupkan power options guna memperoleh daya paling tinggi yang akan membuat tampilan layar komputer Anda selalu cerah sepanjang permainan game Anda. 

6. Tutup program yang tidak diperlukan

Untuk mengoptimalkan PC gaming saat bermain game, maka terlebih dahulu kamu perlu menutup program-program lain yang sedang terbuka. Bukan apa-apa, semakin banyak program yang dibuka, maka hal itu akan cukup menghambat kinerja PC saat bermain game. Untuk itu, kamu dapat menekan fungsi Ctrl + Alt + Del, dan pilih Task Manager yang kemudian diikuti dengan klik kanan untuk menutup program-program yang tidak dibutuhkan selama berlangsungnya main game. 

Baca Juga :  EA Buka Diri untuk Dipinang, Bisa Jual atau Merger
LG UltraGear GP9 Gaming Speaker

7. Ubah Kemampuan Grafis

Salah satu cara untuk mengoptimalkan kinerja PC Anda untuk bermain game adalah dengan mengubah sedikit kemampuan grafis. Memang grafis sangat diperlukan untuk memperoleh tampilan gambar yang sempurna di layar PC, namun ternyata dapat menghambat kinerja PC itu sendiri. Untuk itu, Anda dapat mengubah pengaturan grafis dengan cara manual supaya resolusi yang ditampilkan jadi lebih kecil. Ini dilakukan dengan tujuan agar kinerja PC Anda dapat menjadi lebih optimal.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News