Tips Cara Mengatasi Hp Lemot & Agar Baterai Awet

Jakarta, Gizmologi – Kini peran teknologi semakin besar dalam memudahkan masyarakat menuntaskan berbagai kegiatannya sehari-hari. Namun, terkadang banyak pengguna smartphone mengeluhkan pengoperasian yang lemot hingga jaringan yang kurang stabil. Sehingga perlu tahu cara mengatasi hp lemot untuk mendukung aktivitasnya.

Seiring dengan upaya operator telekomunikasi di Indonesia menyelesaikan proses migrasi jaringan 3G ke 4G pada tahun 2022 ini, maka kebutuhan smartphone 4G harga terjangkau makin tinggi. Begitu pun dengan memori besar untuk menyimpan lebih banyak konten dan baterai besar agar lebih awet.

Karena seringkali para pengguna smartphone mengeluh akibat memori penuh. Sehingga menyebabkan hp menjadi lemot dan panas yang tentunya mengganggu mobilitas. Meskipun sudah memiliki memori internal yang cukup besar, ada berbagai cara untuk tetap merawat dan menjaga smartphone supaya tetap memberikan performa dan pengalaman yang maksimal.

Cara mengatasi hp lemot

  1. Bersihkan data cache

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus data cache dari aplikasi yang sering dilakukan sehingga ruang penyimpanan yang tersedia jadi lebih optimal dalam memaksimalkan kinerja smartphone.

Berikut cara menghapus data cache yang perlu kamu lakukan secara rutin agar smartphone tetap memberikan performa yang maksimal dalam waktu lama dan tidak cepat lemot:

  • Masuk ke Pengaturan, lalu pilih Aplikasi
  • Setelah muncul beberapa aplikasi yang sering digunakan, kita bisa pilih misalnya aplikasi YouTube
  • Setelah itu, klik menu Penyimpanan
  • Lalu pilih Hapus Memori
  • Setelah itu maka bisa dilihat bahwa memori dari aplikasi YouTube ataupun aplikasi lain yang bisa kita pilih menjadi kosong.
Baca Juga :  Jelang Ulang Tahun ke-11, Blibli Pertegas Fokus Utama Capai Kepuasan Pelanggan

cara mengatasi hp lemot bersihkan cache

2. Rajin update sistem operasi

Cara mengatasi hp lemot lainnya adalah dengan rajin update sistem operasi. Dengan memperbarui software smartphone, kita akan mendapatkan fitur baru yang meningkatkan kenyamanan penggunaan perangkat. Juga security patch terbaru yang menjaga keamanan perangkat dari virus dan malware. Hingga perbaikan berbagai bug yang membuat kinerja perangkat jadi lebih lancar.

3. Hindari auto-download WhatsApp

Smartphone sekarang sebagian besar sudah memiliki penyimpanan yang besar. Meski demikian, ada baiknya hindari pengaturan auto-download di aplikasi WhatsApp. Agar smartphone kamu tidak terbebani dengan banyaknya foto dan video yang otomatis diunduh dan disimpan di memori internal perangkat.

4. Aktifkan fitur baterai adaptif

cara mengatasi hp lemotBeberapa smartphone, seperti Samsung Galaxy A03 Series telah dilengkapi dengan fitur baterai adaptif. Fitur ini akan membatasi penggunaan baterai untuk aplikasi yang jarang digunakan. Sehingga umur baterai bisa lebih awet. Kamu bisa mengaktifkan fitur baterai adaptif dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke Pengaturan, lalu pilih Perawatan Perangkat dan Baterai
  • Setelah itu, pilih menu Baterai
  • Klik Pengaturan Baterai Lainnya
  • Lalu aktifkan baterai adaptif

5. Tidak charge baterai sambil main game

Main game sedang seru-serunya, tetapi baterai sudah hampir habis mungkin bikin kesal. Meski demikian, sebaiknya tidak main game atau nonton sambil mengecas baterai smartphone. Supaya perangkat tidak cepat panas dan baterai tidak cepat bocor. Segera isi baterai setelah indikator menunjukkan 20%, kemudian cukup cas perangkat sampai di kisaran 80%–85% untuk memperpanjang usia baterai.