Cara Isi eHAC Sebagai Syarat Wajib Mudik Lebaran 2022, Gampang Banget

Jakarta, Gizmologi – Gizmo friends berencana untuk mudik lebaran 2022? Bila iya, pastikan untuk mengetahui syarat terbaru selama melakukan perjalanan di dalam negeri. Baik menggunakan pesawat maupun kendaraan pribadi, kini diwajibkan untuk akses PeduliLindungi terkait keperluan eHAC. Cara isi eHAC pun mudah, bisa dilakukan dengan cepat lewat smartphone.

Ya, setelah dua tahun bersama pandemi sejak awal 2022, akhirnya pemerintah Indonesia memperbolehkan masyarakat untuk melakukan tradisi tahunan yang umumnya dilakukan oleh umat muslim dalam bulan Ramadan, yakni mudik lebaran. Dilakukan pada akhir bulan, adanya vaksin COVID-19 membuat pemerintah bisa berikan kelegaan masyarakat untuk bepergian, mengunjungi sanak saudara demi mempererat tali silaturahmi.

Namun begitu, tentu ada persyaratan khusus yang harus dilakukan oleh masyarakat sebelum atau sesaat sedang melakukan perjalanan mudik. Untuk para pelaku mudik lebaran 2022, kini diwajibkan untuk mengisi electronic health alert card, atau yang biasa dikenal dengan eHAC. Persyaratan ini awalnya hanya diperlukan untuk mereka yang melakukan transportasi melalui udara.

Kendaraan Pribadi Juga Diwajibkan Isi eHAC

Cara isi eHAC

Kini bisa ditemukan laman resmi Kemenkes pada 23 April 2022, di mana telah diterbitkan Surat Edaran (SE) Kemenhub baru. “Masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, baik dengan moda transportasi darat, laut dan udara wajib mengisi eHAC sebagai syarat untuk melanjutkan perjalanan,” jelas Chief of Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan, Setiaji dalam laman tersebut.

Ya, sehingga tak hanya perjalanan udara, kini masyarakat yang mudik lebaran naik kapal hingga membawa kendaraan pribadi pun diwajibkan mengisi eHAC. Namun bagi mereka yang membawa kendaraan pribadi, proses pemeriksaan akan diberlakukan secara acak. “Pelaku perjalanan dengan mobil atau motor pribadi diimbau tetap mengisi eHAC sebagai tanggung jawab bersama untuk menghindari lonjakan kasus COVID-19 di berbagai daerah,” tambah Setiaji.

Baca Juga :  Kominfo Gali Potensi Digital Indonesia-Uni Eropa

Kabar baiknya, cara isi eHAC saat ini sudah jauh lebih mudah dibandingkan pertama kali diwajibkan sebagai syarat resmi perjalanan lewat pesawat terbang. Tak lagi harus mengakses situs khusus, kini cara isi eHAC bisa dilakukan langsung lewat aplikasi PeduliLindungi, alias sudah terintegrasi dan memudahkan masyarakat.

Lebih Mudah, Cara Isi eHAC Jalur Laut & Darat Hampir Sama

Cara isi eHAC

Cara isi eHAC bisa diakses secara mudah dari aplikasi PeduliLindungi, langsung dari smartphone. Pastikan aplikasi tersebut sudah Gizmo friends perbarui lebih dulu supaya alurnya sama dengan tutorial berikut. Dari tampilan utama, langsung masuk ke menu eHAC, kemudian pilih “Create e-HAC” untuk meneruskan proses cara isi eHAC.

Pilih “domestik”, lalu lanjut memilih moda transportasi apakah lewat udara, laut atau darat. Untuk perjalanan lewat udara, kamu hanya perlu inputkan waktu terbang, nomor penerbangan (atau input manual sesuai maskapai, asal dan tujuan). Setelah itu, satu proses bisa inputkan total empat orang lainnya. Dengan NIK terintegrasi, bisa diketahui eligibilitas terbang.

Cara isi eHAC

Sebagai contoh, bila belum melakukan proses dua kali vaksin, tentu tidak bisa terbang tanpa menyertakan hasil swab PCR. Kalau sudah, konfirmasi dan eHAC sudah selesai. Lalu untuk cara isi eHAC perjalanan lewat darat dan laut bisa dibilang hampir sama. Prosesnya lebih simpel, hanya perlu menginputkan plat nomor kendaraan atau nama kapal yang hendak ditumpangi.

Tentunya beserta dengan wilayah asal dan tujuan, lalu proses eligibilitas yang sama seperti jalur udara. Setelah menerapkan cara isi eHAC dengan benar, kamu bisa mengakses eHAC yang sudah dibuat lewat menu “My eHAC”. Cukup tunjukkan informasi ini bila diperlukan. Selamat mencoba!