Cara Bikin Avatar Instagram Langsung dari Smartphone

Jakarta, Gizmologi – Fitur aplikasi Instagram memang terus bertambah seiring waktu, supaya para penggunanya tidak bosan mengakses aplikasi media sosial populer satu ini setiap harinya. Untuk menambah metode interaksi baik dalam Stories maupun pesan pribadi (DM), kini kamu bisa menggunakan avatar Instagram terbaru dengan mudah.

Ya, bila Gizmo friends sudah familiar akan fitur yang satu ini, mungkin lebih dulu menggunakan atau membuat avatar Facebook lebih dulu. Keduanya memang mirip, dan wajar saja, mengingat baik baik Facebook dan Instagram sama-sama berada di bawah naungan perusahaan induk Meta. Kalau sebelumnya kami sudah membuat tutorial membuat avatar Facebook, kali ini giliran avatar Instagram.

Berbeda dengan stiker maupun emoji biasa, avatar bisa dirancang lebih mirip dengan tampilan pribadi masing-masing. Tren membagikan jenis gambar atau stiker semacam ini dimulai ketika Apple rilis fitur Memoji. Kemudian tak lama kemudian, Samsung dan OPPO mereplikasinya. Bisa dibuat sendiri tanpa harus lakukan pendeteksi wajah dengan kamera depan canggih.

Membuat Avatar Instagram dari Aplikasi

Avatar Instagram

Seperti membuat Facebook Avatar, cara membuat avatar Instagram bisa dilakukan langsung lewat aplikasi yang ada di smartphone. Setiap akun di dalam aplikasi bisa memiliki versi avatar Instagram sendiri-sendiri. Caranya cukup masuk ke tab profil, lalu klik tombol hamburger (garis tiga) di atas kanan layar, kemudian masuk ke menu Settings.

Setelah itu, masuk ke menu Account, dan kamu akan menemukan menu Avatar. Di dalamnya, kamu bisa memilih banyak sekali opsi kustomisasi untuk membuat avatar Instagram mirip sebagai personamu di dunia nyata, secara digital. Dimulai dari warna kulit, bentuk wajah hingga tampilan rambut.

Setelah itu, kamu bisa mengubah ukuran tubuh, aksesori hingga tampilan kemeja dan lainnya. Saat membuat avatar Instagram, kamu juga bisa mengaktifkan kamera depan. Fitur yang cukup unik, supaya kamu bisa benar-benar membuatnya sesuai aslinya. Kalau sudah selesai, proses terakhir adalah menanti hingga pembuatan avatar Instagram selesai. Lantas bagaimana cara membagikannya?

Baca Juga :  Xiaomi 12 Lite Hadir dengan Sensor Kamera Depan Superior, Harga Lebih Terjangkau

Belum Merata ke Seluruh Pengguna

Instagram Sticker Add Yours - 001

Ada dua cara utama untuk membagikan avatar Instagram. Yang pertama adalah dengan menggunakannya sebagai stiker saat mengunggah postingan Instagram Stories. Cukup buat konten foto, video atau teks seperti biasanya. Kemudian dalam opsi edit sebelum mengunggah, pilih tombol stiker, lalu akan muncul tombol avatar pada jajaran dekorasi Stories yang bisa kamu pilih.

Di dalamnya, bakal ada avatar Instagram yang sudah kamu buat dengan beragam ekspresi berbeda, tinggal sentuh dan pilih sesuai selera. Selain itu, kamu juga bisa membagikannya lewat pesan pribadi atau DM. Cukup masuk ke menu obrolan dengan orang lain, dan pilih tombol stiker yang ada di sebelah kanan bawah layar.

Fitur ini memang belum tersedia ke seluruh pengguna. Meski sudah ada opsi untuk membuat avatar Instagram, salah satu akun yang kami gunakan untuk membuat avatar tetap saja tidak memiliki opsi untuk memilih stiker baik dalam menu DM maupun Instagram Stories. Bila Gizmo friends juga tak menemukannya, harap bersabar lebih dulu ya.