Cara Ambil Screenshot OPPO Reno7 Z 5G, Mudah & Instan!

Jakarta, Gizmologi – OPPO Indonesia telah menghadirkan sejumlah pilihan smartphone 5G mulai dari lini flagship sampai yang lebih terjangkau. Dari beberapa varian yang rilis di 2022, OPPO Reno7 Z 5G bisa dibilang opsi menengahnya. Dengan software terbaru, kamu bisa ambil screenshot OPPO Reno7 Z 5G dengan beragam cara.

Sudah menjalankan ColorOS 12, ada banyak sekali fitur ekstra yang disematkan oleh OPPO supaya dapat mempermudah tugas sehari-hari. Baik berupa software, maupun hardware. Mulai dari cara untuk jalankan dua aplikasi sekaligus, sampai mengetahui notifikasi yang masuk tanpa menyalakan layar lewat Dual Orbit Light pada kamera belakangnya.

Nah, dalam keseharian menggunakan smartphone, pasti ada dong waktu bagi Gizmo friends harus mengambil tangkapan layar atau screenshot? Baik untuk data pribadi, sebagai pengingat, maupun data-data pelanggan bila menjalankan bisnis tertentu seperti toko daring. Di smartphone OPPO terbaru, ada banyak cara untuk ambil screenshot OPPO Reno7 Z 5G. Seperti apa? Berikut tips selengkapnya.

Sebelum mencoba beberapa cara di bawah, pastikan kamu sudah mengaktifkan semua opsi untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot OPPO Reno7 Z 5G. Yakni melalui menu Settings – Special features – Screenshot. Kemudian aktifkan tiga opsi teratas agar metode pengambilannya lebih fleksibel.

Screenshot OPPO Reno7 Z 5G dengan Tiga Jari

Screenshot OPPO Reno7 Z 5G

Sedang tidak ingin gunakan kombinasi menekan tombol power plus volume down? Kamu bisa mengambil screenshot OPPO Reno7 Z 5G secara mudah memanfaatkan gestur tiga jari. Caranya mudah, hanya dengan menggeser tiga jari dari atas ke bawah. Tak perlu benar-benar dari ujung ke ujung, kamu bisa melakukan gestur tersebut secara singkat atau instan.

Jika berhasil, maka akan ada tanda screenshot berhasil tertangkap. Seperti metode konvensional, kamu bisa lakukan edit, scroll (untuk mengambil halaman penuh), atau membagikannya langsung ke aplikasi lain.

Baca Juga :  Semakin Ngebut! NVIDIA Resmi Umukan GPU RTX 4080 dan 4090 Series

Ambil Screenshot Parsial

Screenshot OPPO Reno7 Z 5G

Ingin lebih spesifik, alias tidak ingin screenshot satu layar penuh? Kamu bisa memanfaatkan gestur yang serupa, namun dengan cara sedikit berbeda. Pertama, kamu bisa coba untuk sentuh dan tahan layar dengan tiga jari sampai ada efek getar, kemudian geser tiga jari tersebut ke bawah. Ini untuk mengambil screenshot OPPO Reno7 Z 5G secara parsial.

Bagaimana dengan bentuk lainnya? Cukup sentuh dan tahan dengan tiga jari, lalu lepaskan. Nantinya bakal ada opsi untuk lakukan cropping dalam tiga bentuk berbeda; persegi, lingkaran dan free form. Opsi terakhir memungkinkan kamu untuk ambil potongan layar dengan bentuk seperlunya, seperti sedang merobek kertas.

Bisa Pakai Perintah Suara

Screenshot OPPO Reno7 Z 5G

Bila diperhatikan, semua cara screenshot OPPO Reno7 Z 5G di atas membutuhkan tangan kedua, ketika tangan satunya sedang menggenggam smartphone. Apakah ada cara yang lebih praktis lagi? Tentu saja ada.

Caranya dengan menekan tombol Screenshot lewat pintasan dari bar notifikasi. Bila belum ada, pastikan kamu sudah menambahkan pintasan tersebut dengan menekan tombol edit di sebelah Settings. Hanya dengan satu sentuhan saja, kamu diberikan opsi untuk ambil screenshot OPPO Reno7 Z 5G secara parsial maupun utuh.

Juga masih ada cara lain lagi, meski yang satu ini tidak eksklusif dari ColorOS terbaru OPPO. Yakni melalui perintah suara kepada asisten Google. Kamu bisa mengucapkan kalimat seperti “take a screenshot” bila menggunakan Bahasa Inggris, dan nanti smartphone otomatis ambil screenshot dalam tampilan yang sedang dijalankan.

Itulah beberapa cara mengambil screenshot OPPO Reno7 Z 5G yang bisa Gizmo friends coba. Dari semua opsi, mana yang menurut kamu paling praktis?