Canon EOS R7 & R10 Meluncur di Indonesia, Mirrorless APS-C dengan Autofokus Berbasis Deep Learning

Jakarta, Gizmologi – Kebutuhan untuk menangkap baik gambar maupun video selalu meningkat, dan bermacam-macam jenis maupun skenarionya. Canon sebagai pelopor kamera profesional, kali ini hadirkan dua opsi terbarunya di Tanah Air. Yakni Canon EOS R7 & R10 yang berjenis mirrorless dengan sensor APS-C.

Sama seperti produk-produk Canon yang hadir resmi sebelumnya, baik Canon EOS R7 & R10 dihadirkan melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital yang berasal dari Tokyo tersebut. Juga dihadirkan dua lensa baru, RF-S18-45mm f/4.5-6.3 IS STM dan RF-S18-150mm f/3.5-6.3 IS STM yang hadir untuk optimalkan mobilitas kamera APS-C Canon.

Baca juga: Canon Resmikan Kamera Hybrid EOS R5 C di Indonesia, Lengkap dengan Lensa Dual Fisheye

Canon EOS R7 R10 launch

Dalam sebuah acara peluncuran yang berlangsung secara luring (24/8), Monica Aryasetiawan selaku Canon Business Unit Director PT Datascrip menyebutkan jika sistem EOS R memang terus dikembangkan sejak pertama kali hadir di 2018. “Saat ini sudah ada 7 tipe kamera dan 30 varian lensa yang ada di ekosistem EOS R, ditambah lebih dari 70 lensa EF yang masih bisa digunakan dengan adaptor.”

Kehadiran Canon EOS R7 & R10 kali ini sebagai opsi baru untuk para fotografer maupun videographer, khususnya yang ingin dapatkan kualitas gambar tinggi khas sistem EOS R, dalam dimensi lebih kompak. Hadir dengan perbedaan harga yang tidak terpaut jauh, keduanya punya keunggulan tersendiri.

Bawa Teknologi Fokus Canggih dari EOS R3

Canon EOS R7

Dari dua seri yang diluncurkan, Canon EOS R7 jadi opsi yang lebih premium. Bodinya terasa kompak, dengan bobot kisaran 610 gram dan bodi luar yang dirancang tahan baik dari debu maupun kelembapan. Sehingga pas untuk mereka para fotografer luar ruangan seperti wildlife photography.

Baca Juga :  ipSCAPE Tunjuk Erik Meijer sebagai Komisaris, Perkuat Kehadiran di Asia

Jenis sensor yang digunakan memang bukan full-frame, melainkan APS-C jenis baru dari Canon dengan crop factor 1,6 kali—memberikan benefit untuk mereka yang mencari kamera dengan sensasi telephoto. Tak hanya itu, disematkan teknologi 5-axis IBIS alias stabilisasi berbasis hardware pada bodinya, pertama kali pada kamera APS-C EOS.

5-axis IBIS milik Canon EOS R7 diklaim bisa berikan stabilisasi sampai 8 stop pada perekaman video maupun foto. Ditambah dengan Movie Digital IS yang bisa berikan stabilisasi 5 sumbu untuk video yang semakin stabil. Beresolusi 32,5MP, mirrorless terbaru Canon satu ini bisa ambil video 4K UHD Fine, oversampling dari format 7K.

Opsi lainnya yakni 4K 60p tanpa crop, maupun dengan format Canon Log 3 untuk produksi video HDR dan fleksibilitas editing. Memanfaatkan Dual Pixel CMOS AF II dan mode burst sampai 30fps, ada fitur unggulan yang diturunkan dari EOS R3, yakni EOS iTR AF X, memanfaatkan teknologi deep learning.

Dengan begitu, sensor kamera Canon EOS R7 bisa melakukan deteksi subyek. Pengguna pun bisa memilih tiga fokus utama yakni kendaraan, hewan, dan tentunya manusia. Di mana kamera bakal secara cerdas meletakkan fokus secara presisi ke salah satu dari tiga opsi tersebut, termasuk ketika sedang bergerak.

Harga Canon EOS R7 & EOS R10

Canon EOS R10 R7

Selain Canon EOS R7, juga dihadirkan EOS R10 dengan banderol harga lebih terjangkau. Uniknya, kamera ini justru dilengkapi dengan lampu kilat secara built-in, seperti kamera DSLR terdahulu. Namun tidak seperti seri R7, kamera ini hanya dilengkapi dengan satu slot kartu SD UHS-II. Sistem autofokusnya tetap sama, sehingga bisa lakukan tracking sesuai jenis obyek yang diinginkan secara akurat.

Baca Juga :  Ulang Tahun Kelima, Digibank by DBS Siap Hadirkan Layanan yang Lebih Personal

Untuk perekaman videonya sendiri, masih bisa cukup baik sampai 4K 30p, hasil oversampling dari resolusi 6K. Hal tersebut karena resolusi sensornya yang lebih rendah, yakni 24,2 Megapiksel, dengan crop factor yang sama yakni 1,6 kali. Penggunaan sensor APS-C membuat dua kamera Canon ini bisa hadir dengan bobot 24% lebih ringan, dibandingkan DSLR konvensional sekelasnya.

Dalam periode penjualan perdananya, ada harga khusus untuk pembelian baik Canon EOS R7 maupun R10, body-only maupun dengan lensa. Harga Canon EOS R7 dibanderol Rp23,999 juta, sementara EOS R10 mulai Rp15,999 juta. Keduanya merupakan harga promo body only, dan konsumen bisa mendapatkan potongan harga untuk sejumlah lensa bila membelinya secara sekaligus.