Mitra Bukalapak Pamerkan Warung Digital di Acara Presidensi G20 di Bali

Jakarta, Gizmologi – Bukalapak melalui program Mitra Bukalapak memamerkan warung yang sudah mengalami digitalisasi pada rangkaian acara Presidensi G20 di Bali. Ini merupakan hasil kerja sama Industry Task Force (ITF) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Dalam kesempatan itu, Warung milik Juragan Made asal Bali menjadi perwakilan Mitra Bukalapak yang berkesempatan menunjukkan warung yang sudah memanfaatkan teknologi digital. Warung ini memanfaatkan aplikasi digital untuk membeli stok barang, menjual produk virtual dan menggunakan layanan logistik.

“Kami berharap akan ada lebih banyak perusahaan dan organisasi yang turut ambil bagian dalam mempercepat transformasi digital di Indonesia secara bersama-sama dan berkontribusi untuk pemulihan dan pertumbuhan ekonomi kita,” kata CEO Buka Mitra Indonesia, Howard Gani, dalam keterangan ersminya, Senin (26/8/2022).

Diluncurkan pada 2017, Mitra Bukalapak menjadi pemain online-to-offline (o2o) pertama di Indonesia yang telah menciptakan dampak untuk lebih dari 14 juta warung dan pelaku UMKM lainnya yang tersebar di lebih dari 200 kota di Indonesia.

Adapun Warung Juragan Made dulu menjual produk dan layanan dalam jumlah kecil. Setelah memanfaatkan aplikasi digital, ia juga menjual produk-produk virtual seperti pulsa, token listrik, pembayaran tagihan air, pembayaran premi asuransi sampai pengiriman barang.

Baca Juga: Menkop UKM Sebut Digitalisasi Selamatkan UMKM Selama Pandemi

Warung-Warung Digital Ala Mitra Bukalapak

“Cerita Juragan Made merupakan salah satu dari jutaan cerita sukses warung lainnya yang menggunakan Mitra Bukalapak dalam mengembangkan bisnis mereka. Saat ini ada 14,2 juta warung dan UMKM lainnya di seluruh Indonesia yang terdaftar sebagai Mitra Bukalapak,” ungkap Howard Gani.

Pemilik warung menyatakan pendapatannya naik hingga tiga kali lipat setelah menggunakan teknologi digital. Warung Juragan Made merupakan salah satu peserta yang berpartisipasi dalam pameran Digital Transformation Expo (DTE), yang diselenggarakan berbarengan dengan pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG) G20 keempat di Bali.

Baca Juga :  NVIDIA Hadirkan PC Rakitan GeForce RTX 30 Series dan Gaming Esports PC

Mitra Bukalapak berkomitmen memberdayakan UMKM Indonesia melalui kapabilitas teknologi. Hal itu sejalan dengan salah satu pilar G2O 2022 Presidency, yaitu transformasi digital, dan membawa Mitra Bukalapak pada partisipasi di DTE. Adapun Juragan Made, merupakan pelaku UMKM lokal asal Bali. Dahulu hanya menjual produk dan layanan dalam jumlah kecil.

Riset Nielsen yang dilakukan pada Juni 2021 terhadap 3.000 warung dan kios pulsa menemukan bahwa, Mitra Bukalapak memimpin pasar ini dengan penetrasi sebesar 42 persen di 14 kota di seluruh Indonesia. Saat ini, Bukalapak melayani lebih dari 120 juta pengguna serta lebih dari 20 juta UMKM di tanah air.