Bocoran Spesifikasi Xiaomi 12 Ultra Terbaru, Pakai Chipset Snapdragon 8+ Gen 1

Jakarta, Gizmologi – Pada awal tahun 2022 kemarin, Xiaomi Indonesia memang sudah meresmikan Xiaomi 12 Series dengan spesifikasi setara flagship masa kini. Namun suksesor dari Mi 11 Ultra masih belum diperkenalkan, sementara bocoran spesifikasi Xiaomi 12 Ultra kini kian bermunculan.

Ya, seperti tahun lalu, Xiaomi bakal luncurkan seri flagship-nya dalam tiga varian berbeda. Beberapa pekan lalu, sudah diumumkan kerja sama yang cukup mengagetkan antara Xiaomi dan Leica, untuk hadirkan sebuah perangkat yang mengedepankan kualitas kamera terbaik di smartphone. Tak lama kemudian, pihak Huawei langsung mengonfirmasi bila keduanya telah memutus kerja sama.

Situasi tersebut berbeda dengan vendor lain, sebut saja ZEISS yang masih bisa bekerja sama dengan lebih dari satu vendor, sebut saja vivo dan HMD Global (Nokia). Untuk Xiaomi dan Leica sendiri, belum ada informasi lebih jauh terkait hasil output keduanya. Namun diduga kuat bakal berkontribusi ke spesifikasi Xiaomi 12 Ultra—kabarnya siap rilis bulan depan.

Baca juga: Lepas dari Huawei, Leica Kini Pindah ke Pelukan Xiaomi

Bakal Punya Tambahan Sensor Baru

bocoran spesifikasi Xiaomi 12 Ultra

Secara tampilan, dari render Xiaomi 12 Ultra yang ada memang terlihat ada perubahan pada bagian desain. Modul kamera belakangnya dibuat sirkular dan sangat besar, tanpa terlihat adanya layar sekunder. Sebagai gantinya, disematkan logo Leica merah yang khas pada seri kamera premium-nya. Lalu bagaimana spesifikasi Xiaomi 12 Ultra di bagian ini?

Sumber informasi dari pembocor terbaru, Yogesh mengatakan bila Xiaomi 12 Ultra bakal punya setup kamera yang serupa dengan Mi 11 Ultra. Artinya, penggunaan kamera punch-hole 20MP di sisi depan, dan tiga sensor kamera belakang yang masing-masing beresolusi 50MP, 48MP ultra wide-angle dan 48MP periskop 5x optical zoom.

Baca Juga :  Ponselnya Dianggap Tak Aman untuk Transaksi, Ini Jawaban Xiaomi Indonesia

Meski begitu, ada sejumlah penyempurnaan yang bakal membuat kamera Xiaomi 12 Ultra lebih berkualitas. Yakni ditambahnya 3D ToF sensor untuk bantu percepat pengambilan fokus dan efek portrait, serta sensor utama yang pakai Sony IMX terbaru. Sementara kolaborasi dengan Leica juga bakal berikan reproduksi warna lebih natural, serta filter hitam putih khas Leica.

Spesifikasi Xiaomi 12 Ultra Punya Layar Lebih Kompak

bocoran spesifikasi Xiaomi 12 Ultra

Untuk bagian lainnya, spesifikasi Xiaomi 12 Ultra pada sektor layar diklaim bakal sama persis dengan Xiaomi 12 Pro. Yakni gunakan panel berukuran 6,7 inci beresolusi hingga QHD+, refresh rate 120Hz plus jenis panel LTPO AMOLED. Sedikit lebih kecil dari Mi 11 Ultra, dan juga bisa berarti kalau bodi penerusnya juga lebih kompak.

Lalu untuk performa, tentunya bakal gunakan chipset terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 8+ Gen 1, dipadukan dengan pilihan RAM 8/12GB LPDDR5 dan penyimpanan internal 256/512GB berjenis UFS 3.1. Pada sektor software, bakal jalankan MIUI 13 berbasis Android 12. Bagaimana dengan kapasitas baterainya?

Dari rumor spesifikasi Xiaomi 12 Ultra yang ada hingga saat ini, masih agak simpang siur. Sumber terbaru sebutkan kapasitas 4,800 mAh dengan kecepatan 67W & 50W secara wireless. Namun rumor sebelumnya mengatakan baterai 5,000 mAh dengan 120W fast charging, alias dibuat setara dengan Xiaomi 12 Pro. Kita nantikan saja perkembangan rumornya atau peluncuran smartphone Xiaomi terbaru satu ini ya.