Bocoran Spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1, Siap Jadi Jagoan Smartphone Kelas Menengah Terbaru

Jakarta, Gizmologi – Setelah gunakan penamaan baru pada seri flagship-nya, Qualcomm masih belum banyak lakukan penyesuaian terhadap kelas chipset lain yang diproduksinya. Ya, “masih belum”, karena secara natural seri lain bakal menyesuaikan. Kini muncul spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1, diunggah oleh Evan Blass.

Evan yang umumnya dikenal lewat akun Twitter @evleaks memang sudah sangat rutin membocorkan informasi terkait gadget terbaru yang belum dirilis, terutama smartphone. Namun kali ini, ia mencoba membocorkan chipset smartphone terbaru yang, secara penamaannya, bakal digunakan di lebih banyak jenis smartphone. Yakni untuk seri mid-range alias Android kelas menengah.

Hingga saat ini, Snapdragon 600 Series sendiri masih sangat banyak digunakan pada smartphone rilisan 2022 sekalipun. Termasuk OPPO Reno8 4G yang jalankan cip Snapdragon 680 4G. Juga ada seri lainnya seperti Snapdragon 695 yang disematkan pada Reno8 Z 5G, untuk performa lebih kencang sekaligus dukungan jaringan yang lebih future-proof.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon W5 & W5+ Gen 1, Chipset Smartwatch Canggih & Hemat Daya

Pakai Fabrikasi 4nm, Mendukung Wi-Fi 6E

Spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1

Dalam sebuah gambar yang diunggah oleh Evan lewat akun Twitter pribadinya, terlihat spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1 yang hampir lengkap—ya, meskipun ada cukup banyak informasi yang ditampilkan, masih ada sejumlah info yang belum dapat diketahui. Seperti clock speed masing-masing inti CPU, maupun arsitektur CPU yang dibawanya.

Setidaknya sudah dapat diketahui kalau Snapdragon 6 Gen 1 sudah mengusung Kryo CPU dengan kecepatan maksimum hingga 2,2GHz, dan sudah menggunakan proses fabrikasi modern 4nm, alias meningkat dari 6nm pada generasi sebelumnya. Dengan begitu, kinerja bisa lebih efisien, sehingga baterai smartphone bisa bertahan lebih lama. Chipset yang belum dirilis satu ini juga tentunya sudah mendukung jaringan 5G.

Baca Juga :  Server ASUS Siap Memanfaatkan Performa Terobosan Prosesor AMD EPYC Generasi ke-3

Membawa modem Snapdragon X62 5G, spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1 nantinya bakal mendukung jaringan 5G mmWave maupun sub-6 GHz, membuat vendor smartphone secara mudah hadirkan kemampuan 5G di berbagai wilayah negara. Ditambah dengan Qualcomm FastConnect 6700, smartphone dengan cip ini nantinya bisa mendukung Wi-Fi 6E sekaligus Bluetooth 5.2 dengan Qualcomm aptX.

Spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1 Mendukung Layar 120Hz

Layar realme 9 4G

Chipset pada smartphone juga memiliki peran penting untuk tingkatkan kemampuan fotografi dan videografi pada smartphone. Pada lembar spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1, Qualcomm Spectra ISP yang diusungnya mendukung hingga sensor 108MP, serta pengambilan video 4K HDR 30fps. Untuk gerak lambat alias slow-motion, bisa sampai 240fps pada resolusi 720p.

Dengan triple 12-bit ISP, kamera smartphone yang gunakan chipset Qualcomm terbaru satu ini bakal bisa rekam video bersamaan dari berbagai sensor kamera belakang, termasuk dukungan pengenalan wajah berbasis AI. Sementara untuk menampilkan konten, spesifikasi Snapdragon 6 Gen 1 sudah mendukung layar 120Hz hingga resolusi full HD+.

Dengan begitu, konsumen bisa menantikan smartphone layar 120Hz pada segmen harga jauh lebih terjangkau ke depannya, lengkap dengan kapasitas RAM hingga 12GB plus dukungan fast charging Qualcomm Quick Charge 4+. Belum ada tanggal pastinya, namun diperkirakan cip ini bakal diresmikan pada acara tahunan Snapdragon Summit, yang berlangsung di Hawaii, November mendatang.