Jelang Ulang Tahun ke-11, Blibli Pertegas Fokus Utama Capai Kepuasan Pelanggan

Jakarta, Gizmologi – Sebagai salah satu e-commerce tertua yang telah melayani masyarakat Indonesia lebih dari 10 tahun, tidak terasa kalau Blibli bakal memasuki umurnya yang ke-11. Lebih tepatnya pekan depan, dan mulai saat ini sudah diadakan sejumlah promo menarik plus persiapan perayaan dengan NCT 127 sebagai brand ambassador terbarunya.

Jenis produk maupun layanan yang disediakan oleh Blibli saat ini telah jauh lebih banyak alias berkembang dibandingkan beberapa tahun lalu. Wajar saja, karena perluasan ekosistem yang terintegrasi menjadi salah satu dari tiga fokus utama dari Blibli. Turut disampaikan langsung oleh Lisa Widodo, COO & co-founder Blibli dalam sebuah kesempatan luring (21/7).

Ia mengatakan bila pihaknya terus berusaha berikan kualitas produk, layanan yang berkelanjutan, serta inovasi tanpa kompromi demi kepuasan pelanggan. “Kami pun menghadirkan sistem operasional yang prima dan terpadu, termasuk di bidang logistik, agar pelanggan bisa menikmati pengalaman terbaik tiap memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” jelas Lisa.

Baca juga: HUT ke-11 Tahun, Blibli Tunjuk NCT 127 Jadi Brand Ambassador di Indonesia

Berikan Gratis Ongkir Minim Syarat & Kebijakan Retur Fleksibel

Pemanfaatan forklift pada warehouse Blibli

Dalam kesempatan yang sama, Lisa juga menegaskan tiga fokus utama Blibli yang termasuk ke dalam visi dan misi perusahaan, yakni “ekosistem”, “most trusted” dan “omnichannel”. Tentunya tidak mudah untuk sebuah e-commerce bisa meyakinkan para konsumennya untuk terus berbelanja di platform mereka, terutama bisa berlangganan alias merasa puas dan memercayai platform tersebut.

Salah satu usaha agar bisa terus memenuhi kebutuhan pelanggan adalah dengan memiliki layanan logistik terbaik di industri. Saat ini, tercatat ada 14 gudang atau warehouse yang beroperasi 24 jam. Tak hanya itu, penerapan kecerdasan buatan dan machine learning juga berperan sangat penting dalam menjamin pengiriman bisa berjalan cepat dan tepat.

Baca Juga :  Lolos TKDN, OPPO A77s Segera Hadir di Indonesia

Saat ini, konsumen sudah bisa memanfaatkan layanan pengiriman dua jam sampai, hingga pengiriman terjadwal bila konsumen Blibli ingin menerima paket dalam rentang waktu tertentu saja. Penawaran gratis ongkir juga cukup mudah dan berlaku dari semua toko, dan masih ditambah dengan kebijakan retur sampai 15 hari.

Yang juga tidak kalah impresif adalah layanan contact center yang dapat diakses selama 24 jam, sehingga pihak konsumen bisa selalu terhubung untuk mendapatkan bantuan di jam berapa pun. Untuk urusan pengiriman, Blibli memiliki armada pengiriman BES Paket plus bekerja sama dengan 20 penyedia logistic lainnya—memilih untuk berkolaborasi satu sama lain untuk berikan solusi terbaik bagi masyarakat.

Didukung Teknologi AI, Juga Memikirkan Keberlangsungan Lingkungan

Blibli resmi memperkenaknalkan e bike ramah lingkungan hari ini

Perluasan ekosistem Blibli juga meliputi penjualan tiket akomodasi dan sejenisnya dari platform Tiket serta Ranch Market. Adanya sinergi ketiga perusahaan membuat Blibli bisa mendapatkan data yang relevan nan akurat untuk membangun AI dan ML sendiri. Sehingga bisa hadirkan sejumlah kebutuhan lain selain belanja, seperti travel dan experience.

Lisa menegaskan, omni-channel berbeda dengan multichannel yang sekadar memperbanyak jumlah outlet saja. Secara daring, konsumen bisa membeli kebutuhan pokok harian, namun di saat yang sama juga bisa memilih untuk belanja luring lewat Blibli Instore atau Blibli Mitra. Dengan metode pembayaran yang tak kalah fleksibel termasuk paylater.

Selain tiga fokus utama di atas, perusahaan juga menerapkan prinsip ESG (environment, social, governance) sebagai salah satu metode dalam mendukung upaya pemerintah ciptakan Indonesia yang berkelanjutan. Blibli juga akhirnya meresmikan e-bike ramah lingkungan yang bakal digunakan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan. Hasil kerja sama dengan salah satu pionir motor listrik dengan baterai, Smoot Motor Indonesia.