Berkenalan dengan ANA, Manusia Virtual Buatan Krafton inc.

Jakarta, Gizmologi – Perusahaan dibalik game terkenal PUBG, Krafton Inc memamerkan tampilan visual dari ANA. Sosok manusia virtual yang mendukung hyperrealism, rigging, dan deep learning.

ANA dirancang untuk melibatkan interaksi audiens global dan membantu membangun ekosistem Web3 yang sedang dikembangkan Krafton. Perusahaan menyebut, manusia virtual ini pertama kali terungkap dalam demonstrasi teknis pada Februari lalu.

“ANA adalah manusia virtual hiper-realistis yang diciptakan oleh teknologi Krafton yang tak tertandingi,” kata Josh Seokjin Shin, Head of Creative Center di Krafton, dikutip dari laman resminya.

Krafton menjelaskan, ANA dikembangkan melalui teknologi produksi hyperrealism dari Unreal Engine. Artinya, ANA dapat menampilkan tampilan hiper-realistis, mengaburkan batas antara karakter digital dan Teknologi face rigging yang sangat canggih secara halus, selayaknya mengekspresikan pergerakan manusia nyata.

Untuk saat ini Krafton hanya memperlihatkan ANA sebatas muka hingga dada, terlihat ia bagaikan wanita muda berumur sekitar 20-25 tahun. Ia memiliki rambut pendek berwarna keabuan dan sedikit ungu.

Baca Juga: Meta Mulai Jualan Pakaian Virtual Buatan Prada, Balenciaga, hingga Thorn Browne

Tampilan Wajah ANA

ANA Krafton

Secara tampilan, ANA memiliki rambut dan bulu yang halus layaknya manusia, dan sama sekali tidak terlihat seperti manusia virtual lainnya. Otot diwajah ANA dapat juga menimbulkan kerutan. Hal ini memungkinkan berkat teknologi Artificial Intelligence atau AI yang disematkan pada ANA.

“Selain itu, teknologi deep learning seperti voice synthesis tingkat lanjut, membantu menciptakan suara kecerdasan buatan untuk ANA sehingga dia dapat berakting dan bernyanyi seperti manusia sungguhan,” kata Krafton.

Belum jelas bagaimana ANA akan masuk ke dalam visi metaverse atau Web 3.0, namun sebelumnya Krafton sudah masuk ke dunia NFT dan Blockchain. Terakhir, Krafton juga menyebutkan bahwa Informasi lebih lanjut tentang ANA akan diungkapkan pada akhir tahun ini melalui gambar, video, dan juga alur cerita uniknya.

Baca Juga :  Penjualan Naik 10x Lipat, Olike Perkenalkan Smartwatch Imoo Z1

Di sisi lain, jenis influencer virtual ini tentu saja bukan konsep baru, dan karakter digital ini sebelumnya telah masuk ke dalam segala hal mulai dari video musik hingga video game. Belum lagi jejaring sosial seperti Instagram dan TikTok yang mulai dijejali karakter Vtuber.