Per 1 Juli, Beli Pertalite & Solar Musti Pakai MyPertamina Begini Cara Daftarnya

Jakarta, Gizmologi – PT Pertamina (Persero) akan mengatur pembelian BBM bersubsidi, yakni Solar dan Pertalite dengan menggunakan aplikasi MyPertamina. Program ini akan diuji coba di 11 kota/kabupaten mulai 1 Juli 2022 mendatang.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menjelaskan, pihaknya berinovasi untuk melakukan uji coba penyaluran BBM subsidi itu bagi pengguna yang berhak. Hal itu untuk memastikan mekanisme penyaluran tepat sasaran.

“Kami menyiapkan website MyPertamina yang dibuka pada 1 Juli 2022. Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan solar dapat mendaftarkan,” ujar Alfian dalam siaran resmi Pertamina, Senin (27/6).

Jika sudah terkonfirmasi, pengguna akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data mereka cocok. Dengan demikian, pengguna bisa membeli Pertalite dan Solar.

Pertamina berencana melakukan uji coba tahap awal di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, yakni Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Registrasi Aplikasi MyPertamina

Mendaftarkan diri ke aplikasi MyPertamina pun sangat mudah. Sebelum mendaftar, ada baiknya pengguna unduh dan instal terlebih dulu aplikasi MyPertamina di Google PlayStore maupun AppStore.

Bila sudah melakukan instal aplikasi MyPertamina melalui Google Play Store atau App Store yang pertama dilakukan adalah klik daftar. Selanjutnya melakukan registrasi dengan mengisi Nama Lengkap, Nomor Telepon, PIN 6 Digit dan ketik ulang PIN 6 digit dan klik Daftar.

Nantinya aplikasi MyPertamina akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomer telepon yang sudah terdaftar. Kemudian masukkan nomor OTP yang diberikan lewat SMS untuk melakukan verifikasi, klik ok, maka pengguna sudah otomatis login di aplikasi MyPertamina.

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Bisa Offline Check-in Walau Sinyal Lemot

Selanjutnya, bila proses login sudah dilakukan pengguna bisa langsung menghubungkan sarana pembayaran lewat menu metode pembayaran pada ikon ‘akun’. Di sini pengguna bisa memilih metode pembayaran, mulai dari menyambungkan aplikasi LinkAja ataupun mendaftarkan kartu debit dari bank Mandiri, BRI, dan BNI.

Baca Juga :  Huawei FreeBuds Pro 2, Earphone TWS Premium Kolaborasi dengan Devialet

Pengguna bisa juga melengkapi data diri di akunnya dengan mengklik menu ‘edit profil’ lalu melengkapi informasi dari nama lengkap, email, nomor KTP, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, hingga alamat lengkap.

Link Pendaftaran BBM Bersubsidi

SPBU Pertamina

Sedangkan prosedur pendaftaran bagi masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website berikut ini https://subsiditepat.mypertamina.id/. Di mana pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukan bahwa data identitas dan kendaraan mereka telah cocok untuk dapat membeli Pertalite dan Solar.

Adapun registrasi pengguna yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi baru akan dibuka per 1 Juli 2022 mendatang. Meski begitu, Pertamina telah menjelaskan soal tahapan pendaftaran MyPertamina berikut ini daftarnya:

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
  • Buka website subsiditepat.mypertamina.id
  • Centang informasi memahami persyaratan
  • Klik daftar sekarang
  • Ikuti instruksi dalam website tersebut,
  • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala.
  • Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.