Asus ROG Strix SCAR 17 Special Edition, Cuma 20 Unit di Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Asus resmi memperkenalkan laptop gaming terbarunya yakni ROG Strix SCAR 17 Special Edition (G733C). Menariknya laptop gaming Asus ini tersedia dalam jumlah sangat terbatas, yakni 20 unit saja yang akan dijual di Indonesia.

“Dari awal saya mau bilang ini dijual dengan jumlah yang terbatas. Dari September hingga Oktober hanya akan ada 20 unit. Jadi limited edition,” kata Riandanu Utomo selaku Technical Public Relations Asus saat dijumpai di Jakarta Pusat, Jumat (2/9/2022).

Laptop gaming Asus ROG Strix Scar 17 SE ini ditenagai oleh prosesor terbaik dari intel generasi 12 HX Series terbaru yakni intel core i9-12950HX. Menjadikannya sebagai laptop yang setara dengan perangkat PC Desktop.

Menurut Danu, bila dibandingkan dengan intel core i9 generasi 11 ditahun lalu, laptop ini memiliki peningkatan performa 68% di Cinebench R23. “Jika disandingkan dengan PC Desktop Gaming generasi sekarang, ROG Strix Scar 17 SE hanya memiliki gap 1,4%.”

ROG Strix SCAR 17 Special Edition memiliki base power 65W serta Performance-core yang dapat berjalan di frekuensi hingga 5,2GHz. Bahkan bisa ditingkatkan performanya melalui Manual Mode di aplikasi Armoury Crate yang membuat CPU dapat berjalan di daya 175W.

“Performa tersebut membuat ROG Strix SCAR 17 Special Edition tampil dengan performa yang menyerupai PC desktop,” imbuh Danu.

Performa ROG Strix SCAR 17 SE Sekelas PC Gaming Desktop

ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dibekali dengan GPU yang sangat powerful yaitu hingga NVIDIA GeForce RTX 3080Ti. Berbeda dengan laptop gaming lainnya, GeForce RTX 3080Ti di ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga telah ditingkatkan performanya dengan TGP maksimal di angka 175W melalui Dynamic Boost.

Baca Juga :  Android Tahan Banting Harga Rp8 Jutaan

Soal resolusi, ROG Strix SCAR 17 Special Edition telah dibekali dengan layar beresolusi QHD (2560 x 1440) yang memiliki refresh rate 240Hz serta response time 3ms. Layar tersebut juga didukung oleh teknologi Dolby Vision serta Adaptive Sync sehingga memastikan pengalaman bermain game yang nyaman tanpa efek stuttering dan tearing.

ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dibekali dengan memori DDR5 4800MHz dengan kapasitas yang dapat di-upgrade hingga 64GB. Sama seperti laptop ROG 2022 lainnya, ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga telah dibekali dengan MUX Switch sehingga dapat menghadirkan performa gaming secara maksimal.

Baca Juga: Tak Puas dengan Ukuran 13 Inci, Asus Rilis ROG Flow X16

ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dibekali dengan konektivitas modern yang sangat lengkap, mulai dari WiFi 6E hingga Thunderbolt 4. Laptop gaming ini juga dilengkapi sistem pendingin ROG Intelligent Cooling, salah satunya adalah penggunaan liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU.

“ROG Strix SCAR 17 Special Edition menggunakan Thermal Grizzly Conductonaut Extreme yang dapat menghadirkan suhu operasional hingga 15⁰C dibandingkan dengan thermal compound standar berbahan silikon,” paparnya.

Sistem pendingin ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga dilengkapi dengan vapor chamber yang dirancang khusus untuk membantu mendinginkan semua komponen di dalam laptop gaming ini. Terhubung langsung dengan vapor champber pelepasan panas laptop ini juga dibantu oleh dua kipas Arc Flow.

Edisi Spesial yang Dijual Terbatas

RGB dan Armory Crate di ROG Strix SCAR 17 SE
Keyboard RGB di ROG Strix SCAR 17 SE

Di sisi lain, meski masih menggunakan basis desain bodi yang sama dengan ROG Strix SCAR 17, laptop gaming ini dilengkapi fitur berupa “invisible ink” yang diukir pada bodinya. Invisible ink tersebut hanya dapat terlihat ketika bodi ROG Strix SCAR 17 Special Edition terpapar sinar UV.

Baca Juga :  Review Huawei FreeBuds Pro 2: Suara Mantap, Kaya Fitur

Tampilan invisible ink di bodi ROG Strix SCAR 17 Special Edition juga didesain secara khusus dan memiliki petunjuk bagi gamer untuk menyelesaikan tantangan SCAR Runner yang ada di dalam game ROG Citadel XV yang tersedia secara gratis di Steam.

Inilah yang membuatnya laptop ini terlihat semakin special. Untuk ketersediaan dari produk terbarunya ini cukup mencengangkan, karenanya ROG Strix Scar 17 SE hanya dijual 20 unit saja di Indonesia.

“Untuk unit dari laptop ini pada saat Q3 dijual hanya tersedia 20 unit saja, kita juga melihat animo masyarakat, apabila penjualannya bagus akan kita tambah di Q4,” kata Vania Margonoharto sebagai Gaming Product Marketing ASUS Indonesia.

Dari segi harga laptop ini dibagi atas dua varian, untuk varian core i9/ RTX 3070Ti/ 1TB SSD dijual dengan harga Rp 48.999.000 dan untuk varian core i9/ RTX 3080Ti/ 2TB SSD dijual dengan harga Rp 66.999.000.