Penting! Apple Rilis iOS 16.0.2 Untuk Perbaiki Bug Kamera Bergetar & Layar Kurang Responsif

Jakarta, Gizmologi – Apple memang baru saja hadirkan sejumlah inovasi terbarunya lewat iPhone 14 Series. Tentunya, pembaruan yang lebih signifikan hadir ke versi Pro, yang ternyata juga membawa masalah baru pada kameranya. Untuk itu, iOS 16.0.2 langsung dihadirkan beberapa waktu setelah perangkatnya dijual resmi.

Ya, iPhone 14 Pro Series tampil dalam desain yang familiar, kecuali dari tampak depan—tak lagi memiliki ukuran poni yang lebar, Apple berhasil mengecilkan sistem pengenalan wajahnya, membuat desain kamera punch-hole baru dan mengintegrasikan dengan fitur Dynamic Island. Secara dinamis, area tersebut bakal dimanfaatkan untuk permudah notifikasi.

Namun untuk sektor kamera, ternyata menimbulkan masalah tersendiri, terutama ketika digunakan untuk akses aplikasi pihak ketiga. Selain untuk perbaiki isu tersebut, iOS 16.0.2 juga perbaiki bug yang dialami sejumlah seri iPhone lawas. Yakni iPhone X dan iPhone XR, di mana para penggunanya melaporkan isu layar yang kurang responsif.

Baca juga: Begini Cara Transfer Riwayat Chat WhatsApp Android ke iOS

Sudah Tersedia, iOS 16.0.2 Bisa Diunduh Sekarang

iOS 16.0.2

Seluruh pengguna iPhone yang yang bisa menjalankan iOS 16, bisa langsung mendapatkan iOS 16.0.2 yang sudah digulirkan mulai hari ini (23/9). Tersedia melalui menu Settings – General – Software Update, ukuran unduhnya tentu berbeda untuk setiap seri iPhone. Lantas apa saja yang baru dan dibawa lewat software update iOS 16.0.2?

Bagi pengguna iPhone 14 Pro & 14 Pro Max yang mengalami isu kamera bergetar ketika akses aplikasi seperti Snapchat atau Instagram, iOS 16.0.2 bakal perbaiki isu tersebut. Kabar baiknya, isu tersebut terkonfirmasi hanya software saja, sehingga tidak perlu mengganti modul kamera (hardware) ke pusat perbaikan resmi—kabar baik juga bagi kamu yang sudah membeli smartphone ini lebih dulu di luar negeri.

Baca Juga :  Sonic The Hedgehog 2 Capai Box Office Global, Sega Persiapkan Sekuel ke-3?

Juga ada perbaikan lain yang diselesaikan di iOS 16.0.2, seperti layar hitam saat pertama kali jalankan setup, dan fitur VoiceOver yang hilang setelah restart. Isu lainnya yang juga cukup mengganggu adalah bug di mana iOS bakal munculkan notifikasi setiap kali berpindah aplikasi untuk lakukan proses copy & paste.

iOS 16.0.2 Atasi Masalah Layar iPhone XR

Layar iPhone XR

Selain perbaikan sistem kamera iPhone 14 Pro Series, iOS 16.0.2 juga sangat disarankan bagi pengguna sejumlah iPhone lawas. Pada catatan pembaruan bagian akhir, disebutkan kalau pembaruan ini bakal atasi fitur layar yang kurang responsif terhadap sentuhan.

Lebih tepatnya pada sejumlah unit iPhone X, iPhone XR dan iPhone 11 yang sudah melakukan perbaikan layar. Dari ketiganya, hanya layar iPhone X saja yang sudah gunakan panel OLED, sementara dua seri lain tergolong identik. Sama-sama pakai panel IPS, dan juga tidak mendapatkan fitur persentase baterai ketika iOS 16 pertama kali dirilis.

Tidak ada alasan yang jelas kenapa fitur persentase baterai absen di kedua smartphone tersebut. Yang pasti, bukan karena resolusi layar yang lebih rendah—pada iOS 16 Beta yang lebih baru, fitur tersebut hadir baik di iPhone XR dan 11. Jadi buat Gizmo friends yang ingin tampilkan battery percentage, tinggal tunggu pembaruan berikutnya ya.