Waduh, 50 Aplikasi Berbahaya Ini Telah Diunduh Sebanyak 300 Ribu Pengguna di Play Store!

California, Gizmologi – Google Play Store bisa dibilang bukan tempat teraman untuk mengunduh aplikasi. Pasalnya, banyak aplikasi berbahaya yang lengah dari perhatian dan telanjur diunduh banyak pengguna.

Hal ini berdasarkan klaim tim peneliti Zcasler dari ThreatLabs yang menemukan beberapa aplikasi di Play Store yang membawa spyware berbahaya seperti Joker, Facestealer, Coper, dan malware lainnya.

Sekedar informasi buat kamu, Joker pertama kali ditemukan pada tahun 2019. Cara kerja varian spyware ini cukup mengerikan, yakni dengan secara diam-diam membuat korbannya dibuat berlangganan layanan premium.

Selain itu Joker juga memiliki kemampuan mencuri pesan teks, daftar kontak, dan informasi perangkat lainnya. Meskipun sudah berkali-kali terusir dari Play Store, namun varian spyware ini selalu menemukan cara untuk kembali eksis dengan menumpang aplikasi lain.

Bahkan dalam dua bulan terakhir, ThreatLabs telah menemukan sebanyak 50 aplikasi berbahaya pembawa Joker di Google Play, yakni:

Simple Note Scanner
Universal PDF Scanner
Private Messenger
Premium SMS
Smart Messages
Text Emoji SMS
Blood Pressure Checker
Funny Keyboard
Memory Silent Camera
Custom Themed Keyboard
Light Messages
Themes Photo Keyboard
Send SMS
Themes Chat Messenger
Instant Messenger
Cool Keyboard
Fonts Emoji Keyboard
Mini PDF Scanner
Smart SMS Messages
Creative Emoji Keyboard
Fancy SMS
Fonts Emoji Keyboard
Personal Message
Funny Emoji Message
Magic Photo Editor
Professional Messages
All Photo Translator
Chat SMS
Smile Emoji
Wow Translator
All Language Translate
Cool Messages
Blood Pressure Diary
Chat Text SMS
Hi Text SMS
Emoji Theme Keyboard
iMessager
Text SMS
Camera Translator
Come Messages
Painting Photo Editor
Rich Theme Message
Quick Talk Message
Advanced SMS
Professional Messenger
Classic Game Messenger
Style Message
Private Game Messages
Timestamp Camera
Social Message

Baca Juga :  Dimensity 1050 Jadi Chipset 5G mmWave Pertama MediaTek

ThreatLabz juga mengklaim, berdasarkan hasil analisanya, semua aplikasi di atas telah diunduh lebih dari 300 ribu pengguna jika diakumulasikan. Spyware ini menyebar modusnya melalui aplikasi yang berkaitan dengan kategori Communication, Health, Personalization, Photography, dan Tools.

Aplikasi-aplikasi berbahaya ini memang sudah dihapus oleh tim Google Android Security Team, namun jika kamu memiliki aplikasi ini dalam perangkat kamu, sebaiknya segera hapus sekarang.

Aplikasi Berbahaya yang Membawa Facestealer dan Coper

Berbeda dengan Joker, Facestealer bekerja seperti malware pada umumnya, yakni mencuri kredensial Facebook dengan situs login palsu. Salah satu aplikasi yang ditemukan TreadLabz yang memiliki malware ini adalah cam.vanilla.snap yang telah diunduh lebih dari 5.000 kali.

Aplikasi antivirus

Sementara Coper bekerja sebagai trojan dengan menggunakan rantai infeksi secara bertahap dan sangat berbahaya bagi ponsel Android. Trojan ini menargetkan aplikasi perbankan di Eropa, Australia, dan Amerika Selatan.

Coper menjalankan modusnya dengan menyamar sebagai aplikasi di Play Store seperti Unicc QR Scanner dan melepaskan infeksi malware yang mampu mencegat SMS yang berisi otentifikasi untuk mendapatkan akses informasi untuk merampok uang korbannya.

Baca juga: Awas, Aplikasi Android Ini Disusupi Malware Joker yang Berbahaya!

Jadi, agar kamu tidak menjadi korban dari modus aplikasi berbahaya seperti di atas, pastikan jangan sembarangan mengunduh aplikasi yang terasa asing.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gizmologi di Google News