Android 13 Resmi ke Google Pixel, Menyusul ke Android Lainnya Sepanjang 2022

Jakarta, Gizmologi – Salah satu yang terpenting ketika membeli sebuah smartphone, selain dari spesifikasi hardware, adalah dukungan pembaruan perangkat lunak alias software. Sebagai pengguna Google Pixel, hal yang bisa dibanggakan adalah mendapatkan Android 13 lebih cepat dari vendor lainnya, mengingat smartphone tersebut benar-benar rilisan Google.

Android 13 sendiri pertama kali diperkenalkan pada Google I/O, kemudian tidak lama hadir ke Google Pixel series dalam bentuk beta. Kehadiran versi final dari UI andalan Google tersebut bisa dibilang agak mengejutkan, karena cukup jauh lebih cepat dibandingkan rilisan sebelum-sebelumnya. Meski memang, bila dibandingkan Android 12, perubahannya tidak sejauh versi 11 ke 12.

Baca juga: Android 13 Beta 1 Punya Animasi Baru dan Kontrol Media

Sebagai informasi, Android 12 sendiri baru digelontorkan untuk Pixel series yang mendukung pada Oktober 2021. Sehingga kehadiran Android 13 secara final hanya memerlukan waktu 10 bulan, alias kurang dari satu tahun. Berusaha mengambil hati pengguna smartphone Apple yang juga tengah persiapkan iOS 16?

Google Pixel 4 Dapat Android 13 Sebagai yang Terakhir

Google Pixel 4 Android 13

Ya, bila Gizmo friends sedang menggunakan smartphone rilisan Google non-resmi tersebut, bisa mencoba untuk lakukan update ke Android 13 saat ini juga. Untuk daftar perangkatnya sendiri, mulai dari Google Pixel 4 Series ke atas. Tidak perlu khawatir, Pixel a Series seperti Pixel 4a & Pixel 5a juga mendapatkannya dalam waktu bersamaan, kok.

Bersamaan dengan itu, Android 13 juga membawa segudang perbaikan bug, yang daftarnya bisa kamu akses pada halaman Pixel Phone Help. Bagi kamu yang sedang gunakan versi Beta, versi final ini bakalan otomatis muncul dan siap diunduh. Namun kamu akan tetap masuk ke program beta untuk rilisan berikutnya—kecuali keluar dari program, yang tidak membutuhkan proses hapus data.

Baca Juga :  Aruna Startup Asal Indonesia Wakili Asia Tenggara di Ajang Google I/O 2022

Google Pixel 4 sendiri dirilis sejak 2019 lalu, pertama kali jalankan Android 10. Dengan janji setidaknya tiga tahun pembaruan OS, bisa dibilang Android 13 bakal jadi update terakhir untuk smartphone yang punya sistem kunci layar face recognition satu ini. Ke depannya, bakal hanya ada pembaruan keamanan saja.

Menyusul ke OPPO, vivo dan Lainnya

Android 13

Lalu bagaimana dengan smartphone Android dari vendor lain? Google sebutkan kalua setidaknya Samsung, ASUS, HMD, iQOO, Motorola, OnePlus, OPPO, realme, Sharp, Sony, Tecno, vivo, Xiaomi dan lainnya bakal hadirkan Android 13 ke sejumlah seri smartphone mereka sepanjang tahun 2022.

Tentunya bakal menjadi keputusan tiap vendor, dan waktunya bisa berbeda-beda karena masing-masing perlu menggabungkan fitur baru Android 13 ke tampilan antarmuka racikan sendiri. Salah satunya ColorOS 13, yang kini sudah tersedia dalam versi Beta untuk pengguna flagship OPPO Find X5 Pro. Android 13 juga fokus pada keamanan, sementara secara tampilan hanya berubah sedikit saja.

Nantinya bakal ada opsi untuk ubah warna ikon sesuai dengan warna wallpaper, dan widget pemutar musik bakal tampil lebih segar. Kini setiap aplikasi bisa memiliki bahasanya sendiri, dan bakal munculkan perizinan untuk munculkan notifikasi di awal akses, alih-alih membiarkannya aktif secara otomatis. Mencegah munculnya notifikasi menumpuk, terutama pada smartphone yang punya banyak aplikasi bawaan (bloatware).

Untuk perangkat layar besar, Android 13 juga punya taskbar baru seperti Android 12L di Galaxy Z Fold4. Memindahkan data antar aplikasi bakal semudah drag and drop. Dan untuk pengguna smartphone plus tablet, bisa memindahkan teks atau lainnya, selayaknya antar ekosistem perangkat Apple.