Android 13 Beta 1 Punya Animasi Baru dan Kontrol Media

Jakarta, Gizmologi – Google akhirnya mulai membagikan Developer Previews untuk sistem operasi (OS) Android 13 Beta tahap pertama. Perlu diingat, Android 13 versi ini masih tahap beta dan belum dirilis secara penuh untuk publik.

Dibanding Developer Preview yang dirils pada Februari dan Maret lalu, Android versi beta ini tentunya lebih mudah diinstal. Untuk perilisan perdananya ini, OS Android 13 Beta 1 baru digulirkan secara terbatas untuk ponsel bikinan Google sendiri, yaitu Pixel.

Untuk bisa menjajal Android 13 Beta ini, anda cukup bergabung ke Android Beta Program. Adapun Google Pixel series yang kompatible dengan Android 13 Beta ini, mulai dari Pixel 4, Pixel 4 XL, Pixel 4a, Pixel 4a (5G), Pixel 5, Pixel 5a, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Pada unggahan blog, Wakil Presiden Teknik Google Fave Burke, Android 13 Beta ini akan dilengkapi sistem ‘permission’ yang lebih detail untuk file media. Jadi nantinya, ada tiga izin berbeda untuk foto, video dan audio, sebelum pengguna memberikan aplikasi sesuai keperluannya.

Dalam versi developer preview sebelumnya, Google juga menghadirkan fitur Audio Bluetooth Low Energy (LE), pemilih foto baru yang memungkinkan Anda membatasi foto mana yang dapat diakses aplikasi, lebih banyak opsi tema ikon aplikasi baru, dan izin baru yang dapat mengurangi spam notifikasi.

Kontrol Media di Android 13 Beta versi 1

Android 13 Beta

Selain itu ada juga dari Keystore dan Keymint yang merupakan developer kits Android untuk menangani bagian kunci kriptografi. The Verge menuliskan Keystore dan Keymint telah diperbarui untuk memberikan kode error yang lebih informatif.

Ada pula opsi dukungan tulisan tangan dengan pena digital (stylus handwriting). Perlu diingat, Android 13 yang dirilis saat ini masih dalam versi developer preview jadi Google masih mungkin akan mengubah atau menambahkan fitur baru.

Baca Juga :  Jadi Mitra Implementasi Kurikulum Merdeka, Ini yang Dilakukan Kelas Pintar

Jadwal rilis Android 13 versi akhir (stable) diprediksi akan hadir dalam gelaran Google I/O di bulan Mei mendatang. Namun bila melihat perilisan Android generasi sebelumnya, biasanya Google baru menggelontorkan versi finalnya pada bulan September atau Oktober.

Misalnya, seperti Android 12 versi stable dirilis pada Oktober 2021, Android 11 pada September 2020, dan Android 10 pada September 2019. Bagaimana Gizmofriends sudah penasaran untuk mencoba fitur baru dari Android 13 versi Beta.