Kolaborasi Ancol – Telkomsel Hadirkan Smart & Green Theme Park

Jakarta, Gizmologi – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menjalin kolaborasi dengan Telkomsel, guna meningkatkan jumlah kunjungan di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Kolaborasi keduanya dalam implementasi digitalisasi dan teknologi internet-of-things (IOT) lewat Smart & Green Theme Park.

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Wing Antariksa mengungkapkan, digitalisasi layanan dalam pembelian tiket secara daring (online ticketing) serta meluncurkan Ancol Apps, pihaknya kini menyiapkan transformasi digital ke tahap selanjutnya, yaitu “Smart & Green Theme Park” pertama di Indonesia.

“Kami berharap dalam kerja sama strategis ini, Telkomsel dapat mendukung kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol bertransformasi secara digital dan menjadi pionir ‘Smart&Green Theme Park’ di Indonesia,” ujar Wing dalam keterangannya, Senin (25/4/2022).

Dengan adanya nota kesepahaman digitalisasi destinasi wisata ini, Telkomsel dan Ancol sepakat untuk selanjutnya membuka potensi kerja sama lebih dalam guna menghadirkan customer journey dan engagement yang lebih baik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung dan mendorong tingkat kunjungan kawasan Taman Impian Jaya Ancol ke depannya.

Smart&Green Theme Park Ancol

Smart&Green Theme Park

Telkomsel dan Ancol juga mencanangkan dapat merealisasikan solusi cost-saving for utilities hingga 30%, serta asset monitoring yang lebih efektif di kawasan properti wisata Ancol menggunakan ekosistem aset dan solusi digital yang dihadirkan melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise.

Menurut Wing, penerapan layanan berbasis IOT di kawasan Taman Impian Jaya Ancol akan diwujudkan dalam fasilitas penunjang yang lebih ramah lingkungan, antara lain, “electric vehicle”, “autonomous bus”, “smart lighting” dan “smart utility”. “Sehingga pengunjung semakin antusias ketika berwisata ke Ancol,” katanya.

Baca Juga :  Samsung Gulirkan OS One UI Watch 4.5 Buat Galaxy Watch4 Series

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit menjelaskan kerjasama strategis ini menjadi bentuk demonstrasi keberlanjutan dari upaya Telkomsel dalam pengembangan aset dan teknologi digital di berbagai sektor di Indonesia.

Melalui unit Telkomsel Enterprise, kami meyakini dapat menghadirkan berbagai solusi digital yang membukakan lebih banyak potensi kemajuan dalam mengakselerasi transformasi digital pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola oleh Ancol. Dengan menjadi rekan strategis bagi Ancol untuk #MelesatPasti dengan digital, Telkomsel dapat terus membangun dan memajukan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Selain itu, Telkomsel pun berencana menerapkan use case RFID dan computer vision untuk digitalisasi visitor tracking dan crowd management. Untuk meningkatkan produktivitas pengembangan sistem digital di Ancol, Telkomsel juga akan mengimplementasikan Officeless Operation System dengan kapabilitas low code platform.