Amazon Rilis Fitur Coba Sepatu Virtual Try On, Pakai Teknologi AR

Amerika Serikat, Gizmologi – Perkembangan teknologi yang memanfaatkan kamera perangkat seperti smartphone terus dikembangkan untuk memudahkan e-commerce berikan metode belanja lebih mudah. Yang terbaru, kini Amazon hadirkan fitur Virtual Try On untuk menjajal sepatu. Supaya konsumen bisa mencobanya langsung secara virtual selayaknya mengunjungi toko luring.

Fitur sejenis Virtual Try On sendiri bukan yang pertama kali dikembangkan oleh perusahaan yang telah ditemukan sejak 1994 tersebut. Sebelumnya pada tahun 2017, Amazon juga sempat hadirkan fitur serupa, namun untuk item seperti furniture rumah. Memanfaatkan kamera smartphone, konsumen bisa simulasikan perabotan baru yang ingin dibeli secara langsung tanpa harus membelinya lebih dulu.

Lewat sebuah rilis yang diterbitkan pada situs resminya, Amazon mengatakan bila pihaknya secara konsisten terus eksplorasi cara baru untuk membuat pengalaman berbelanja barang fesyen secara daring lebih mudah. Salah satunya dengan cara yang lebih interaktif seperti Virtual Try On khusus sepatu yang baru diperkenalkan kali ini, digulirkan di beberapa negara tertentu.

Baca juga: Amazon Resmi Akuisisi Studio MGM Senilai Rp121 triliun

Fitur Virtual Try On Tersedia Untuk Perangkat iOS

Amazon Virtual Try on for Shoes

Sesuai namanya, fitur ini memanfaatkan teknologi augmented reality atau AR, sepenuhnya menggunakan smartphone. Dalam tahap pertama, fitur Virtual Try On baru tersedia untuk perangkat iOS saja. Dan konsumen yang berada di wilayah Amerika Serikat maupun Kanada sudah bisa menjajalnya langsung dari aplikasi Amazon Shopping yang tersedia di Apple App Store.

Saat ini, Amazon sediakan fitur uji coba sepatu Virtual Try On khusus sepatu berjenis speakers, dari sejumlah merek ternama seperti New Balance, Adidas, Reebok, Puma, Superga, Lacoste, Asics dan Saucony. Ke depannya, jumlahnya tentu bakal diperbanyak, sekaligus bakal hadir di Android dan di jumlah negara yang juga lebih meluas.

Baca Juga :  Telegram Premium Siap Rilis Juni 2022, Berikut Bocoran Fitur Khususnya

Caranya sendiri cukup mudah: konsumen cukup memilih sepatu sneakers favorit dari sejumlah merek di atas, dan ketika masuk ke halaman produk, akan ada opsi “Virtual Try On”. Sentuh opsi tersebut, dan arahkan tampilan kamera langsung ke bawah atau kaki. Sepatu tersebut bakal muncul secara virtual menggantikan sepatu yang sedang digunakan langsung.

Bila sudah, konsumen bisa memutar-mutar kaki mereka untuk melihat sepatu tersebut dari berbagai angle atau sisi. Mereka juga bisa mengganti warna sepatu secara langsung, termasuk mengambil foto dan membagikannya ke media sosial—untuk keperluan seperti survei atau sekadar berbagi ke kolega.

Permudah Pengalaman Berbelanja Secara Virtual

Amazon Virtual Try on for Shoes

“Tujuan dari Amazon Fashion sendiri adalah untuk ciptakan pengalaman inovatif yang membuat belanja fesyen secara daring lebih mudah dan menyenangkan bagi pelanggan,” jelas Muge Erdirik Dogan, President, Amazon Fashion. Ia menambahkan, fitur Virtual Try On untuk sepatu kali ini hadir pertama kali untuk ribuan jenis sepatu, dan bisa dijajal di mana pun secara virtual, tidak terbatas lokasi.

Ke depannya, pihak Amazon bakal terus mendengarkan saran dari konsumennya untuk terus tingkatkan pengalaman berbelanja virtual tersebut. Hingga saat ini, belum diinformasikan terkait kapan pastinya fitur tersebut hadir untuk smartphone Android.

Sebelumnya, Amazon juga sempat rilis fitur belanja virtual yang memudahkan para penggunanya saat ingin berbelanja make-up. Bekerja sama dengan L’oreal, Amazon hadirkan fitur uji coba virtual untuk lebih dari 50 ribu opsi kosmetik sejak 2019 lalu. Dan bila dirasa cocok, bisa langsung dikirim secara instan dalam masa pengiriman dua hari kerja saja.