Alibaba Cloud Ekspansi Sumber Daya, Hadir di Empat Kota Baru di Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Sebagai bagian dari Alibaba Group, Alibaba Cloud hadir sebagai solusi penyimpanan data cloud bagi berbagai macam skala organisasi maupun perusahaan. Didirikan sejak 2009, Alibaba Cloud juga sudah eksis di Indonesia sejak 2016, dan kini bakal merambah lebih banyak kota.

Diumumkan 8 Juni kemarin, perusahaan tersebut siap menggandakan dukungan sumber daya cloud mereka ke empat kota baru, yang merupakan kota tier-2 dan tier-3 di Indonesia, yakni Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta. Tujuannya yakni agar dapat membantu lebih banyak bisnis lokal untuk melakukan migrasi ke layanan cloud, serta ekspansi pertumbuhan di era digital.

Setelah mengumumkan ekspansi, Alibaba Cloud juga bakal adakan peluncuran perdana, termasuk program asistensi lokal yang termasuk kolaborasi bersama asosiasi lokal serta komunitas developer dalam promosikan cloud computing dan teknologi digital. Juga bersama dengan universitas terkait untuk mengadakan pelatihan talenta digital.

Baca juga: Alibaba Cloud Sukses Pimpin Platform Kontainer Cloud Publik

Berkolaborasi dengan Pihak Ketiga, Adakan Program Pelatihan

Alibaba Cloud

Leon Chen, Country Manager, Alibaba Cloud Indonesia mengatakan bila perluasan program dukungan di empat kota tersebut diharap bisa membantu lebih banyak bisnis lokal, startup, dan individu untuk dapat adopsi manfaat teknologi cloud. Sekaligus membuka potensi pertumbuhan ekonomi digital.

“Untuk mencapai hal ini, kami akan mengundang lebih banyak pihak termasuk mitra teknologi, lembaga pendidikan, organisasi industri, dan pemerintah daerah untuk bergabung bersama kami dalam berbagai program dukungan, mulai dari edukasi konsumen hingga pelatihan talenta muda di berbagai kota lower-tier di seluruh negeri,” tambah Leon lewat sebuah rilis yang diterima Gizmologi (9/6). Beberapa inisiatif yang telah disebutkan sebelumnya ditawarkan bersama mitra lokal, seperti Blue Power Technology dan Institut Teknologi Bandung.

Baca Juga :  Huawei MateBook D 16 Resmi di Indonesia, Punya Kemampuan Produktivitas Maksimal

Erwin Urip, CEO Blue Power Technology mengatakan, “kemitraan dengan Alibaba Cloud telah menjadi kunci keberhasilan kami, di mana kami telah melihat dampak positif dari platform cloud yang kuat dan skalabel untuk mitra bisnis dan pengguna akhir kami.” Erwin juga menegaskan pentingnya dukungan layanan TI di berbagai kota, supaya bisa mendukung seluruh pelanggan yang terletak di semua bagian Indonesia.

Program Dukungan Alibaba Cloud Sudah Dimulai di Bandung

 

Ekspansi layanan Alibaba Cloud kali ini juga sejalan dengan laporan baru dari Alpha JWC Ventures dan Kearney, di mana disebutkan bila kota-kota tier-2 dan tier-3 di Indonesia diprediksi tumbuh 5 kali lipat pada 2025. Di saat yang sama, lebih dari 80% populasi di kota tier tersebut masih terbatas dalam keahlian digital, sehingga perlu upaya lebih untuk percepat tingkat adopsi digital.

Inisiatif dukungan dari Alibaba Cloud sendiri telah dimulai sejak 8 Juni lalu, lewat serangkaian acara yang sudah diadakan di Bandung. Yakni dengan menampilkan lokakarya teknis tentang cloud computing dan studi kasus salah satu pelanggan, Bank BJB. Menyusul di tiga kota lainnya pada akhir tahun 2022.

Hingga saat ini, sudah ada tiga data center dan satu scrubbing center lokal milik Alibaba Cloud yang terletak di Indonesia. Alibaba Cloud juga sudah menjadi mitra layanan bagi sejumlah pelanggan ritel, e-commerce, finansial, gim hingga transportasi. Salah satu program terbarunya, “Go Startup Program Indonesia” juga baru saja diluncurkan untuk mendukung startup lokal lewat sumber daya cloud computing.