Mengenal Fitur Air Gesture di OPPO Reno8 Series, Kini Makin Lengkap

Jakarta, Gizmologi – Selain lewat spesifikasi hardware yang semakin mumpuni, vendor smartphone umumnya tawarkan fitur-fitur menarik berbasis software untuk “memenangkan” hati konsumen. Salah satunya OPPO, lewat ColorOS terbarunya. Hadirkan fitur seperti Air Gesture yang dibawa ke OPPO Reno8 Series, memudahkan penggunaan sehari-hari.

OPPO Reno8 Series kali ini hadir dalam empat varian berbeda, dalam segmen harga yang juga berbeda untuk penuhi lebih banyak kebutuhan konsumen. Salah satu yang diunggulkan adalah Reno8 Series 5G, membawa desain yang sepenuhnya baru serta membawa spesifikasi flagship. Sebut saja Dual Sony Flagship Sensors serta fast charging 80W SuperVOOC.

Baca juga: Review OPPO Reno8 5G: Desain Baru, Makin Mendekati Flagship

Lewat ColorOS 12.1 terbaru, OPPO juga hadirkan sejumlah fitur ekstra. Selain percantik tampilan antarmukanya, juga berniat untuk mudahkan penggunaan harian. Termasuk Air Gesture yang dibawa dari beberapa generasi OPPO Reno sebelumnya, kali ini semakin banyak gestur yang didukung, tanpa memerlukan hardware ekstra. Lantas apa bedanya dibandingkan generasi sebelumnya?

Sudah Ada Sejak OPPO Reno4

AON Smart Sensor

Fitur Air Gesture di ColorOS sendiri pertama kali hadir lewat OPPO Reno4, dirilis pada tahun 2020 lalu. Saat itu, OPPO menyematkan dua kamera depan pada smartphone yang hadir khusus untuk penggemar foto portrait tersebut. Terdiri dari sensor utama yang bisa tangkap gambar dengan sudut pandang cukup lebar, ditambah sensor sekunder untuk berikan efek portrait sekaligus optimalkan fitur Air Gesture.

Masih sama seperti Reno4, OPPO Reno8 Series 5G membawa fitur Air Gesture seperti mengangkat panggilan, maupun menggulirkan konten di layar tanpa harus secara langsung menyentuh layar. Memanfaatkan kamera depan yang kini gunakan sensor flagship Sony, pengguna OPPO Reno8 5G bisa secara langsung gerakkan tangan mereka dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Baca Juga :  Huawei Siap Rilis TWS Murah dalam Waktu Dekat
Air Gesture OPPO Reno8 Series

Kamu bisa melakukan gestur menyapu layar dari tengah ke atas, dengan tangan berada sekitar 10-15cm di depan layar, untuk mengangkat telepon. Opsi Air Gesture satu ini bakal pas ketika tangan sedang kotor—semisal sedang memasak di dapur. Panggilan otomatis diangkat, dan masuk ke dalam mode speaker.

Ingin hilangkan suara panggilan? Cukup tunjukkan telapak tangan ke kamera depan, dan tahan hingga kurang lebih 2 detik. Pintasan Air Gesture kedua adalah menggulirkan konten dari atas ke bawah, semudah mengayunkan tangan ke atas atau ke bawah. Bisa dilakukan pada aplikasi media sosial populer seperti TikTok, Instagram, YouTube, dan Facebook.

Air Gesture OPPO Reno8 Series Bisa Kendali Video YouTube

Air Gesture OPPO Reno8 Series

Nah, gestur ketiga yang ada pada opsi Air Gesture OPPO Reno8 Series adalah untuk menghentikan maupun memulai pemutaran video. Caranya sangat mudah; saat sedang menonton video dalam posisi landscape, cukup tunjukkan telapak tangan terbuka ke depan layar.

Nantinya, layar OPPO Reno8 bakal tunjukkan ikon tangan, dan kamu cukup dekatkan telapak tangan ke layar, hingga video terhenti. Ingin memutarnya kembali? Cukup lakukan gestur atau gerakan yang sama. Sayangnya, gestur yang satu ini baru bisa dilakukan saat sedang menonton video lewat aplikasi YouTube—semoga ke depannya bisa ditambahkan dukungannya, termasuk platform streaming video populer.

Selain berkat sensor kamera yang semakin berkualitas, adanya fitur Air Gesture lebih canggih kali ini juga berkat penggunaan chipset yang lebih superior. Lebih kencang dari generasi sebelumnya, OPPO Reno8 5G mengusung cip MediaTek Dimensity 1300 5G yang memiliki APU khusus. Sehingga bisa lakukan pemrosesan AI lebih lancar dan instan, sekaligus lebih hemat daya.