Saingin Canva, Adobe Bakal Gratiskan Akses Photoshop Web

Jakarta, Gizmologi – Adobe bakal menggratiskan versi web dari Photoshop. Cara ini dilakukan guna memberikan akses layanan ini untuk semua orang dan memperkenalkan lebih banyak pengguna ke aplikasi ini.

Mengutip laporan The Verge, uji coba Adobe Photoshop web gratis ini baru dilakukan di Kanada. Di sana, pengguna dapat mengakses versi web dari layanan itu, menggunakan akun Adobe gratis mereka.

“Kami ingin membuat (Photoshop) lebih mudah diakses dan lebih mudah bagi lebih banyak orang untuk mencoba dan merasakan produk ini,” kata Maria Yap, VP digital imaging Adobe.

Adobe, kata Maria juga mengatakan bahwa versi gratis dari Adobe Photoshop di peramban ini adalah layanan “freemium” dan berencana akan membuat fitur-fitur eksklusif bagi pelanggan berbayar.

Versi browser dari Photoshop pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2021 lalu. Versi ini memberikan aplikasi yang disederhanakan untuk menangani penyuntingan atau pengeditan mendasar.

Photoshop Web

Photoshop Web

Meski begitu, layanan ini dinilai tidak seperti versi aplikasinya yang memiliki fitur lengkap. Sebagai gantinya, Adobe memposisikannya sebagai alat kolaborasi, sehingga seorang seniman dapat membagikan gambar mereka dengan orang lain, serta meminta mereka terlibat, membuat beberapa penyesuaian, dan mengembalikannya.

“Saya ingin melihat Photoshop bertemu pengguna di manapun mereka berada sekarang, sehingga Anda tidak perlu mesin kelas atas untuk masuk ke Photoshop,” kata Yap.

Untuk saat ini, Adobe tidak menjelaskan kapan versi freemium dari Photoshop Web akan diluncurkan lebih luas. Mengingat perusahaan juga masih terus memperbarui Photoshop berbayar mereka dengan lebih banyak tools dan fitur.

Kendati demikian, Adobe tetap memberikan fungsionalitas Photoshop seperti penyempurnaan Curves, RefineEdge, Dodge and Burn, dan konversi Smart Objects. Versi web juga mendapatkan dukungan seluler untuk meninjau dan mengomentari gambar.

Baca Juga :  Perluas Sinyal 5G Telkomsel Tambah 24 BTS di Bali