Hands-on Acer Swift 5 Aerospace: Laptop Ultrathin Kencang dengan Banyak Peningkatan

Memasuki pertengahan tahun 2022, Acer Indonesia menghadirkan laptop ultrathin premium terbarunya dengan Intel® Core™ processors generasi terbaru. Tampil jauh lebih stylish, Acer Swift 5 Aerospace (SF514-56T) bisa jadi salah satu pilihan laptop tipis nan kencang terbaik saat ini.

Lewat seri Swift, Acer memang hadirkan banyak sekali opsi dengan beragam segmen harga. Tentu saja agar semua jenis konsumen bisa memilih laptop yang pas bagi mereka masing-masing. Dari semua varian yang ada, Acer Swift 5 bisa dibilang hadir menjadi top-tier, membawa inovasi terbaik di kelasnya.

Tak hanya sisi tampilannya saja yang ditingkatkan—gunakan prosesor baru, Acer juga sempurnakan sistem termal pada Acer Swift 5 Aerospace agar bisa hasilkan performa yang lebih kencang meski punya profil yang ramping. Juga kombinasi hardware khusus untuk membuatnya pas digunakan dengan gaya kerja terkini yang lebih mobile. Apa saja keunggulannya?

Desain

Acer Swift 5 Aerospace

Kombinasi warna yang dimiliki oleh Acer Swift 5 Aerospace tak jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Namun begitu, ada cukup banyak perbedaan yang membuat tampilannya jauh terlihat lebih mewah dan berkelas. Dimulai dari material dan finishing yang digunakan.

Penggunaan nama “Acer Swift 5 Aerospace” sendiri bukanlah tanpa alasan, karena material sasis bodi yang digunakan pada laptop Acer premium satu ini memang punya kualitas setara material yang digunakan pesawat terbang luar angkasa. Yakni aluminium seri 6063 yang punya tingkat kekerasan tinggi serta lebih tahan korosi. Karakter aluminium ini juga lebih mudah dibentuk sehingga bentuk hasil dapat memiliki finishing yang detail.

Bagian lain yang membuatnya terlihat lebih premium adalah tepi bezel warna keemasan. Lewat proses Anodic Luxury Gold, bagian tersebut telah melalui proses anodasi dua kali. Dengan ketebalan kurang dari 15mm dan bobot kisaran 1,2kg saja, Acer Swift 5 Aerospace tergolong laptop ultrathin yang powerful nan portable.

Baca Juga :  Kembali Gelar The NextDev Summit 2022, Bukti Komitmen Telkomsel Dukung StartUp Digital

Logo Acer sendiri dipindahkan ke bagian tengah atas tutup layarnya—menandakan kalau ini adalah laptop generasi terbaru. Selain material premium, Acer juga gunakan teknologi OceanGlass™ yang melibatkan material daur ulang pada bagian touchpad, sehingga menghasilkan pengalaman menggunakan touchpad lebih sleek dan nyaman.

Baca juga: Video: Hands-on Laptop Acer Swift 5 2022

Layar

Acer Swift 5 Aerospace

Seperti Swift 5 seri sebelumnya, Acer Swift 5 Aerospace juga tetap menyertakan permukaan bersertifikasi Antimicrobial pada permukaan layar sentuhnya. Memiliki bentang 14 inci, resolusinya mencapai QHD dengan lapisan Corning Gorilla Glass, akurasi warna 100% sRGB dan kecerahan maksimum hingga 425 nits.

Gunakan rasio 16:10, layar Acer Swift 5 Aerospace kini semakin pas untuk multitasking, dan di saat yang sama punya dimensi kompak. Karena Acer berhasil memangkas bezel bagian bawah membuat laptop ini punya rasio layar ke bodi cukup tinggi di 92,22%.

Di bagian bawah layar, terdapat keyboard yang cukup nyaman dengan warna keypad yang dibuat senada. Menariknya, keyboard pada Acer Swift 5 Aerospace juga digunakan untuk menyebarkan panas dari dalam. Sensor sidik jari juga kini dibuat terintegrasi dengan tombol power—satu sentuhan untuk proses menyala dan login yang lebih praktis.

Performa

Acer Swift 5 Aerospace - Chipset

Acer Swift 5 Aerospace merupakan laptop tipis Acer pertama di Indonesia yang hadir membawa Intel® Core™ 12th Gen processor. Tidak tanggung-tanggung, seri yang digunakan hingga Intel® Core™ i7-1260P processor dengan 12 inti CPU dan kecepatan maksimum sampai 4,8GHz lewat Turbo Boost. Dipasangkan dengan Intel® Iris™ Xe graphics hingga 96EU.

Bersama RAM 16GB LPDDR5 dual-channel dan penyimpanan luas 1TB berjenis PCIe Gen4 NVMe, tentunya Acer Swift 5 Aerospace bakal berikan performa yang sangat kencang dalam profil ringkas. Nah, untuk menjaga agar performa tetap kencang, digunakan pipa penyalur panas baru yang bisa sebarkan panas 10% lebih efektif dari solusi sebelumnya.

Baca Juga :  Earphone TWS Harga Rp300 Ribuan Berkualitas

Selain itu, terdapat kipas TwinAir generasi terbaru yang terdiri dari dua kipas individu. Dirancang dalam posisi yang pas, kinerja termalnya meningkat hingga 65,7%, distribusikan udara dingin yang merata. Tentu saja, pengguna bisa mengatur kinerja kipas agar lebih senyap dalam kondisi tertentu.

Acer Swift 5 Aerospace

Selain performa komputasi, yang tidak kalah penting adalah performa konektivitas terutama saat harus bekerja mobile. Acer Swift 5 Aerospace sudah didukung dengan Bluetooth 5.2 dan Killer Wireless Wi-Fi 1675i MU-MIMO. Dengan aplikasi khusus, pengguna bisa mengetahui performa masing-masing Wi-Fi yang ada di sekitar, dan berikan saran mana yang punya konektivitas terbaik.

Dan tentunya, dengan sertifikasi Intel® Evo™ platform, laptop ini bisa menyala secara instan kurang dari satu detik. Termasuk klaim daya tahan baterai hingga 10 jam, plus teknologi fast charging yang membuat Acer Swift 5 Aerospace bisa digunakan hingga 4 jam hanya dengan pengecasan 30 menit saja. Selain itu Intel®Evo™ platform generasi ketiga ini juga melibatkan kecerdasan buatan (AI) dalam beberapa fitur bawaan laptop yang menghadirkan pengalaman baru dalam menggunakan laptop.

Fitur

Acer Swift 5 Aerospace

Menjadi laptop premium yang mendukung mobilitas aktif penggunanya, Acer Swift 5 Aerospace juga didukung oleh sejumlah port yang tergolong lengkap. Ada dua port USB-C yang mendukung standar Thunderbolt 4 berkecepatan tinggi, HDMI 2.1, dua port USB-A 3.2 Gen 1, dan jack audio 3,5mm. Dan masih ada fitur hardware lain untuk menunjang keperluan rapat virtual.

Di bezel atas layar, Acer sematkan sebuah webcam beresolusi tinggi hingga full HD, plus teknologi Temporal Noise Reduction (TNR). Fungsinya untuk meredam noise dan cerahkan wajah walau dalam kondisi backlight atau kurang cahaya, dan kualitasnya benar-benar terbukti cukup baik. Teknologi Acer PurifiedVoice juga hadir untuk meredam noise suara di sekitar.

Baca Juga :  Oxenfree, Game Thriller-Misteri Supranatural Kini Bisa Dimainkan di Netflix

Dua speaker stereo yang diletakkan pada bagian bawah bodi diklaim punya dentuman bass yang lebih powerful. Didukung Windows 11 Home, kamu bisa mengakses lebih dari satu aplikasi sekaligus dengan mudah, maupun akses widget yang bisa rangkum informasi penting bagi tiap penggunanya.

Harga

Acer Swift 5 Aerospace

Acer Indonesia membanderol seri Acer Swift 5 Aerospace terbaru dengan harga mulai dari Rp 18jutaan saja. Untuk sebuah laptop ultrathin berspesifikasi performa tinggi dan material premium, harga tersebut terbilang cukup terjangkau.

Selain sudah termasuk Windows 11, juga sudah mendapatkan pre-installed Microsoft Office Home and Student 2021. Serta masa garansi yang terbilang cukup spesial; tiga tahun garansi layanan, dua tahun garansi spare part, dan satu tahun Acer Priority Care yang meliputi cairan, jatuh dan lainnya plus layanan prioritas.