Review Acer Spin 3 Active (SP313-51N): Laptop Konvertibel Intel Evo Terjangkau

Ketika pertama kali muncul beberapa tahun lalu, laptop konvertibel, sebutan dari perangkat dengan layar yang bisa diputar hingga 360 derajat, umumnya hadir dengan dimensi yang bongsor dan harga mahal. Namun kali ini sudah tidak, salah satunya dengan hadirnya Acer Spin 3 Active.

Ada banyak nilai plus menarik yang bisa dihadirkan oleh laptop Acer serbabisa satu ini. Desain layar yang fleksibel masih dapat dihadirkan lewat form factor standar, plus harga yang juga tidak melangit (seperti Acer ConceptD, misalnya, walaupun performanya juga jauh lebih tinggi). Membuat lebih banyak orang bisa menikmati sebuah perangkat yang juga sangat pas bagi kreator.

Terutama mereka yang hobi menggambar atau dekat dengan produktivitas visual, lewat sebuah hardware khusus yang terbenam di dalam bodi laptop. Dengan harga yang sudah turun, bisa jadi ini adalah laptop terbaik bagi Gizmo friends. Berikut ulasan lengkap Acer Spin 3 Active (SP313-51N).

Baca juga: Review Acer ConceptD 3 Ezel Pro: Laptop Khusus Kreator & Desainer Profesional

Desain

Acer Spin 3 Active SP313-51N

Impresi saya terkait desain dari Acer Spin 3 Active sejak awal sebenarnya biasa saja. Menurut saya, untuk sebuah laptop konvertibel, sudah cukup tipis dan kompak. Namun setidaknya ada lebih dari lima orang yang mengatakan bila laptop ini terlihat tipis dan premium—tanpa mengetahui kalau layarnya bisa diputar 360 derajat ke bawah.

Gunakan material sasis aluminium, eksteriornya berwarna silver dengan permukaan yang dibuat matte, alias tahan dari bekas sentuhan (sidik jari). Karena ini merupakan laptop rilisan awal 2021, jenis logo pada bodi luarnya masih belum diperbarui. Bobotnya sendiri berkisar 1,5 kilogram, dengan ketebalan kurang dari 16mm. Yang saya cukup terkesima adalah mekanisme hinge pada layar.

Untuk laptop konvertibel yang bisa digunakan dalam berbagai mode seperti tablet, tent, laptop standar dan lainnya, hinge pada Acer Spin 3 Active sangat sturdy alias presisi. Layar tidak mudah goyah saat disentuh, tapi di saat yang sama, laptop bisa dibuka hanya dengan satu tangan. Jadi tidak terasa seperti laptop murah sama sekali.

Ketika dibuka dalam mode laptop, bagian bodi dengan keyboard otomatis naik, berikat tingkat kemiringan yang lebih nyaman untuk ketik-ketik. Mekanisme ini juga mungkinkan Acer Spin 3 Active untuk punya sirkulasi udara yang lebih baik, supaya performa bisa konsisten kencang dan tidak menutup lubang kipas.

Baca Juga :  Kominfo Tepis Kebobolan 1,3 Miliar Data Registrasi Nomor HP

Layar

Acer Spin 3 Active SP313-51N

Dari bagian eksterior, kini beralih ke layar Acer Spin 3 Active. Dimensinya sendiri 13,3 inci, dengan panel IPS dan resolusi cukup tinggi mencapai 2K WQXGA. Sudut pandangnya sangat lebar, cukup cerah untuk penggunaan luar ruangan, namun dengan sedikit catatan.

Sebagai laptop rilisan 2021, bezel pada layar menurut saya masih tergolong tebal. Ada benefit ekstra, sih. Yakni ketika digunakan dalam mode tablet, berfungsi sebagai sisi untuk pengguna meletakkan ibu jari atau jari lainnya. Yes, Acer Spin 3 Active mendukung input sentuh lebih dari satu jari, plus stylus dengan sertifikasi dari Wacom.

Acer Spin 3 Active SP313-51N

Nggak perlu beli secara terpisah, pengguna sudah langsung bisa menemukan Acer Active Stylus yang disematkan pada sisi samping kanan bodinya. Berfungsi sebagai slot isi daya, hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk penggunaan sampai 90 menit. Dengan dukungan kedalaman hingga 4,096 tingkatan, beberapa aplikasi juga sudah mendukung palm-rejection.

Port & Konektivitas

Acer Spin 3 Active SP313-51N

Jika dibandingkan dengan Acer Swift 3 Infinity 4, jumlah port pada Acer Spin 3 Active justru dibuat lebih lengkap. Di sisi kiri, secara berurutan terdapat charging port, dua port USB-C yang sudah mendukung standar Thunderbolt 4. Kemudian ada port HDMI full-size, port USB-A 3.2 Gen 2, dan slot kartu microSD. Ya, sayangnya bukan SD card full-size ya.

Sementara di seberangnya juga tak kalah “sibuk”. Ada jack audio 3,5mm, port USB-A 3.2 Gen 1, tombol power dan slot stylus terintegrasi. Ya, tombol power-nya memang diletakkan di samping, sehingga saat dalam mode tablet kita masih bisa dapat mengaksesnya. Touchpad-nya cukup lebar dan nyaman, dan sudah mendukung gestur-gestur yang dibutuhkan hingga empat jari.

Acer Spin 3 Active SP313-51N

Keyboard pada Acer Spin 3 Active dibuat berwarna hitam, dan dilengkapi lampu backlit dengan tiga tingkatan kecerahan. Overall, terasa standar alias bukan yang paling nyaman. Begitu juga dengan sensor sidik jarinya yang berukuran kecil dan memakan porsi touchpad. Tingkat akurasinya sih sudah cukup tinggi, walaupun ukurannya kecil.

Fitur Lain

Acer Spin 3 Active SP313-51N

Masih terkait konektivitas, Acer Spin 3 Active mendukung standar Bluetooth 5.1 dan Killer Wi-Fi 6. Artinya, selain cakupan jaringan yang lebih luas dari laptop dengan Wi-Fi standar, software khusus juga bisa munculkan saran jaringan Wi-Fi mana yang paling kencang di sekitar laptop. Jadi sudah pas untuk kamu yang sedang bekerja hybrid atau WFA.

Baca Juga :  Sembunyikan Aplikasi & Data Pribadi di OPPO Reno7 Lewat Cara Mudah Berikut Ini

Untuk kemampuan panggilan video, webcam 720p yang ada di atas layar tergolong standar. Bukan yang paling cerah, bukan juga yang paling lebar, tapi sudah oke untuk penggunaan indoor sekalipun. Sementara dua mikrofonnya bisa menangkap suara saya secara jelas.

Acer Spin 3 Active SP313-51N

Nah, sayangnya, setup speaker stereo pada Acer Spin 3 Active terdengar kurang nendang. Baik secara volume, maupun detail audio yang diantarkan. Padahal sudah didukung oleh DTS Audio. Andaikan bisa lebih kencang, bakal pas banget untuk konsumsi multimedia, terutama dengan menggunakan mode tablet.

Performa

Acer Spin 3 Active SP313-51N

Meski tergolong laptop konvertibel terjangkau, Acer masih bisa sertakan sertifikasi Intel Evo pada laptopnya yang satu ini. Artinya, Acer Spin 3 Active telah memiliki standar yang cukup tinggi, seperti dalam hal performa, dukungan fast charging dan daya tahan baterai yang awet. Di Indonesia sendiri, hadir dalam opsi Intel Core i5 (8GB) maupun Core i7 (16GB).

Untuk Acer Spin 3 Active (SP313-51N), chipset-nya gunakan Intel Core generasi ke-11, dipadukan dengan penyimpanan berjenis SSD PCIe Gen 3 512GB dan GPU Intel Iris Xe. Dalam halaman produknya, tidak disebutkan sistem pendingin secara khusus. Namun suhu bodi tergolong cukup terjaga dalam berbagai skenario penggunaan.

Saat sedang jalankan beragam aplikasi intensif, suara kipas bisa menyala cukup kencang. Namun jangan khawatir, karena fungsi kipas pada Acer Spin 3 Active bisa diatur dalam tiga tingkatan (senyap, normal & kencang) lewat tombol pintasan Fn + F. Overall, laptop ini sudah tergolong kencang di kelasnya, dan cocok untuk penggunaan aplikasi yang cukup berat sekalipun.

Untuk kebutuhan gaming, tentunya jangan berharap terlalu banyak. Bermain gim seperti Forza Horizon 4 masih bisa, walaupun dengan setting grafis paling rendah.

Baterai

Dengan baterai tanam 4-cell, daya tahan Acer Spin 3 Active diklaim bisa sampai 15 jam penggunaan. Selama saya menggunakan laptop ini, tidak pernah sampai klaim tersebut. Namun dengan sambungan Wi-Fi yang terus menyala, setidaknya bisa sampai 8-9 jam penggunaan, alias jam kerja penuh.

Sehingga bila penggunaannya lebih ringan (tanpa Wi-Fi, misalnya), bisa-bisa saja membawa Acer Spin 3 Active tanpa harus membawa adaptor charger. Acer sendiri sertakan adaptor konvensional dalam paket penjualannya. Namun sebagai alternatif, kamu bisa gunakan GaN charger USB-C 65W yang sama dengan smartphone kebanyakan.

Baca Juga :  Shutdown Jaringan 3G Indosat Berakhir Tahun 2022

Jadi bisa isi daya laptop dengan jauh lebih praktis, tak perlu membawa dua adaptor. Adaptor bawaan bisa digunakan saat sedang di kantor atau di rumah, supaya tidak memakan satu dari dua port USB-C yang tersedia pada laptop ini.

Kesimpulan

Acer Spin 3 Active SP313-51N

Dengan harga yang semakin terjangkau, kini kamu sudah bisa mendapatkan sebuah laptop konvertibel bersertifikasi Intel Evo di kisaran Rp12 jutaan (untuk varian Acer Spin 3 Active i5, ya). Baterainya awet, layar 2K berkualitas, plus bisa digunakan dalam mode tablet lengkap dengan stylus yang punya akurasi tinggi.

Sedikit kekurangan ada pada keempat bezel yang menurut saya sedikit tebal, dan speaker yang kurang berkualitas. Bila kedua poin tersebut dirasa sebagai kekurangan yang minor, laptop ini tentu bakal sangat cocok untuk dipinang, walaupun sudah hadir resmi sejak tahun lalu.


Spesifikasi Acer Spin 3 Active (SP313-51N)

Acer Spin 3 Active
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Laptop
Model / Series Acer Spin 3 Active (SP313-51N)
Released 17 Februari, 2021
Status Available
Price Rp12.799.000 (i5), Rp16.199.000 (i7)

Platform

Processor Intel® Core™ i7-1165G7/i5-1135G7 processor
VGA (Graphic Card) Intel Iris Xe
RAM (Memory) 8/16GB LPDDR4x
Storage 512GB NVMe PCIe SSD
Operating System Windows 10 Home

Body

Dimensions 302 (W) x 222.5 (D) x 15.90 (H) mm
Display 13.3″ IPS WQXGA (2560 x 1600), Wide viewing angle up to 170 degrees, 16:10 ratio, multi-touch & AES pen support
Battery Up to 15 hours
65W AC adapter
Support USB-C charging

Connectivity

Webcam 720 HD webcam
Bluetooth 5.1
Wi-fi Killer™ Wi-Fi 6 AX 1650i with MU-MIMO
NFC
I/O Interface 2x USB Thunderbolt 4 (Type-C), 1x USB 3.2 Gen 2 (with power off charging features), 1x USB 3.2 Gen 1, HDMI port, microSD card reader, 3,5mm audio jack, charging port

Other

Audio Stereo speakers, DTS Audio
Features Backlight Keyboard (Single-Color, White)
Fingerprint reader

Review Acer Spin 3 Active SP313-51N

Dengan harga mulai dari Rp12 jutaan, Acer Spin 3 Active tawarkan sejumlah fitur ekstra yang bisa tingkatkan produktivitas di berbagai skenario.

  • Design

  • Display

  • Features

  • Performance

  • Battery