AMD Hadirkan 10 Prosesor Ryzen 6000 Series Terbaru di Indonesia

Jakarta, Gizmologi – Jenama pembuat prosesor, Advanced Micro Devices (AMD) resmi meluncurkan 10 prosesor (CPU) desktop terbaru dari seri Ryzen 6000 di Indonesia. Dibangun di atas teknologi 6nm, prosesor ini menjadi yang pertama menggabungkan arsitektur core Zen 3+ terbaru dengan AMD Radeon RDNA.

Managing Director, Sales AMD untuk kawasan Asia-Pasifik dan Jepang, Peter Chambers mengatakan kesepuluh prosesor Ryzen 6000 series menjadi prosesor yang cukup mumpuni karena dibangun di atas arsitektur baru. Dengan kemampuan yang dimiliki, prosesor AMD ini mampu memberikan performa gaming 1080p untuk game AAA.

“Inovasi AMD di pasar mobile memungkinkan prosesor AMD Ryzen 6000 Series menjawab kebutuhan pengguna yang menuntut performa dan portabilitas untuk perangkat mereka,” kata Chambers dalam keterangan resmi yang diterima Gizmologi, Rabu (15/6).

Adapun kesepuluh prosesor Ryzen 6000 series yang dibawa ke Tanah Air itu terdiri dari delapan model dari H-series dan dua model dari U-series. Di mana basis prosesor AMD Ryzen 6000 Series ini memiliki clock speed hingga 5GHz, sehingga memungkinkan rata-rata performa 1,3 kali lebih kencang di berbagai benchmark CPU dibandingkan generasi sebelumnya.

Laptop – Laptop dengan Prosesor Ryzen 6000 Series

Ryzen 6000 Series

Untuk laptop yang ditenagai AMD Ryzen 6000 U-Series akan disandingkan dengan TDP 15-28W beserta kartu grafis intergrasi Radeon 600M berbasis RDNA2 yang telah dioptimalkan. Lalu, ada AMD Ryzen 6000 H-Series dengan TDP mulai dari 35-45W yang menawarkan performa mutakhir untuk gaming dan kreasi konten.

“Dari keseluruhan CPU Ryzen 6000 Series ini, Ryzen 9 6980HX merupakan model yang paling mumpuni,” kata Kepala Perwakilan AMD Indonesia Armawati Cen.

Nantinya, jajaran laptop bertenaga prosesor AMD Ryzen 6000 Series hadir dengan konektivitas lengkap dan dukungan fitur canggih, seperti Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2 dengan LE audio, memori PCI Gen 4 dan LPDDR5, dukungan Dynamic HDR dan AMD FreeSync.

Baca Juga :  Bidik Kalangan Gamers, Pintu Gandeng RRQ

Tidak hanya itu, AMD Ryzen 6000 Series menjadi prosesor x86 pertama di dunia yang sepenuhnya mendukung fitur keamanan Windows 11 yang terintegrasi prosesor keamanan Microsoft Pluton. Prosesor ini juga menawarkan fitur keamanan seperti AMD Secure Processor dan AMD Memory Guard.

AMD mengatakan, beberapa vendor laptop akan segera memperkenalkan produk mereka yang ditenagai prosesor Ryzen 6000 series di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Asus, Lenovo, Acer, dan HP.